PASAMAN BARAT – Wakil Ketua Umum Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (Adkasi), Baharudin mengunjungi dan memberikan bantuan kepada masyarakat pengungsi korban gempa bumi di Pasaman Barat.

"Alhamdulillah, kami sudah sampai ke lokasi yang paling terdampak di Pasaman Barat, di bawah kaki Gunung Talamau," kata Baharudin, Jumat (18/3/2022) sore.

Diungkapkannya, di daerah tersebut kondisi kerusakannya cukup para akibat gempa bumi yang terjadi pada 25 Februari 2022.

"Tadi, sempat juga dalam perjalanan menuju lokasi ada rintangan pohon yang tumbang dan juga tiang listrik tumbang sehingga agak menghambat perjalanan," katanya.

Namun berkat kerjasama dari masyarakat melakukan pembersihan jalan, sehingga Ketua DPRD Pelalawan ini bisa melanjutkan perjalan hingga sampai ke tujuan.

"Tadi kita sudah serahkan bantuan yang dihimpun Adkasi dan ini bentuk rasa tali kasih, kepedulian sesama anak bangsa dan Alhamdulillah sudah diterima langsung oleh masyarakat terdampak," jelas.

Menurut Baharudin, pengungsi korban gempa sangat membutuhkan tenda, lantaran banyak rumah masyarakat rusak dan tidak bisa dihuni serta dikhawatirkannya gempa susulan.

"Tentu juga makanan dan kebutuhan anak-anak sebab kondisi di pengungsian tadi cukup prihatin. Tadi saya bersama Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat, melihat kondisi Kantor DPRD disana yang juga terkena gempa," pungkasnya, kepada GoRiau.com.***