SIAK - Kebun percontohan Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Sengkemang Kecamatan Koto Gasib sangat cocok ditanami jenis tanaman sayur-mayur, jagung, dan lain-lain. Di sekitar kebun juga dimanfaatkan untuk peternakan itik petelur, dan kolam ikan.

Ketua TP-PKK Kabupaten Siak Hj Rasidah Alfedri didampingi Camat Koto Gasib Dicky Sofyan mengunjungi Kebun Percontohan yang beberapa waktu lalu dilaunching langsung oleh Kapolda Riau bersama Bupati Siak Alfedri.

"Kebun di Kampung Sengkemang ini sebagai percontohan yang bertujuan untuk membangun ketahanan pangan di Kabupaten Siak. Semoga tujuannya tercapai, masyarakat sehat, pangannya cukup, serta mampu mencegah dan memutus mata rantai Covid-19," kata Rasidah, Kamis (9/7/2020) petang.

Istri bupati Siak ini juga mengajak kaum ibu-ibu yang tidak punya lahan luas, agar menggunakan lahan perkarangan rumahnya untuk ditanami tumbuhan atau sayuran, cabe, dan rempah-rempah.

Pemanfaatan lahan pekarangan di rumah dengan tanaman sayur-mayur atau pemeliharaan ikan akan sangat membantu menciptakan ketahanan pangan masyarakat yang dimulai dari keluarga.

"Bagi ibu-ibu yang sudah memanfaatkan pekarangan rumahnya, saat dihadapkan dengan harga komoditi sayur-mayur yang mahal tidak akan terlalu berpengaruh terhadap pengeluaran keluarga. Karena kebutuhan untuk konsumsi keluarga setiap harinya telah tersedia dari pekarangan rumah," ungkapnya.

Rasidah mengapresiasi pihak Kepolisian dan Perusahaan yang telah membantu dan memfasilitasi masyarakat di sekitar operasionalnya untuk beternak itik bertelur serta bercocok tanaman dalam rangka mendorong ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19. ***