PEKANBARU - Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau akan menggelar Ajang Giat Prestasi Palang Merah Remaja (Agitapraja) ke lima tahun 2019 se Provinsi Riau. Event ini akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau pada tanggal 4-7 Juli 2019. Untuk pendaftarannya telah dibuka sejak tanggal 1 Mei sampai 30 Juni 2019.

Ketua Panitia, Sri Rahayu mengatakan pelaksanaan Agitapraja pada tahun ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan tahun lalu, dilihat dari penambahan ruang lingkup peserta. "Tahun ini kami menambahkan PMR Mula yang bisa diikuti oleh kelas V dan VI SD," kata Rahayu di Pekanbaru, Minggu (16/6/2019)

Dalam penyelenggaraan kegiatan nantinya terbagi kedalam dua acara yaitu, kegiatan lintas trampil atau traveling dan kegiatan non traveling.

Untuk kegiatan lintas trampil diantaranya yaitu, pertolongan pertama, tandunisiasi, ayo siaga bencana, pendidikan remaja sebaya, donor darah, remaja sehat peduli sesama, Gerakan kepalangmerahan, outboand kepemimpinan, dan bongkar pasang tenda.

Ads
Sedangkan untuk kegiatan non traveling akan diisi dengan rangkaian acara seperti pawai, ranking 1 kepalangmerahan, desain souvenir, desain poster, pentas seni, pemanfaatan barang bekas, olahraga persahabatan, khusus lomba desain poster, vidio reportase hanya bisa diikuti oleh PMR tingkat Wira, dan Mading 2D tingkat Madya, menggambar tingkat Mula.

Rahayu menuturkan nantinya juga ada kegiatan sarasehan yang merupakan rangkaian kegiatan non traveling untuk memaparkan materi terkait penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza) dan HIV/AIDS sesuai dengan tema.

"Kita nanti juga ada pemaparan materi dari salah satu KSR PMI mengenai napza dan HIV/Aids,"tambahnya.

Ia berharap dalam penyelenggaraan tahun ini jumlah peserta lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Beberapa persyaratannya untuk mengikuti event ini yaitu, membawa surat tugas dari organisasi maupun sekolah. Peserta merupakan siswa aktif tahun ajaran baru kelas V dan VI PMR Muda, kelas VIII dan IX PMR Madya, dan kelas XI dan XII PMR Wira.

Untuk informasi lebih lanjut, peserta bisa menghubungi kontak panitia KSR PMI Riski Efendi 0822 8407 7808 dengan biaya pendaftaran Rp300.000 per tim yang beranggotakan 12 orang. ***