BAGANSIAPIAPI - Kota Bagansiapiapi Kabupaten Rohil, Riau, Rabu (14/8/2019) hingga sore diselimuti kabut asap. Warga mengeluhkan  mata perih sesak nafas dan penglihatan terganggu.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berjibaku memadamkan titip api di Kecamatan Pekaitan dan Kecamatan Rimba Melintang.

Dikabarkan, kabut asap tebal di Kota Bagansiapiapi disebabkan adanya kebakaran di di Kepenghuluan Rokan Baru Kecamatan Pekaitan dan di Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang. ''Saat ini kami dari BPBD Rohil di lapangan,'' ucap Auli Whatman, personil BPBD Rohil, Rabu (14/8/2019).

Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik BPDB Rohil, Wan Budiansyah menyebutkan sedang di lapangan memadamkan titik api Karhutla. ''Setiap hari personil BPBD Rohil di lapangan bersama tim TNI, Polri memadamkan api,'' ucap Wan Budiansyah usai apel pagi sebelum ke lapangan memadamkan api.

Sementara itu Kepala Pukesmas Bagansiapiapi dr Erwinto saat dikonfirnasi menyebutkan saat ini pasien ISPA berobat ke Puskesmas meningkat sejak kabut asap melanda Bagansiapiapi. ''Dalam pekan ini terdata 90 pasien berobat jalan, himbauan kami kurangi aktifitas di luar rumah, banyak mengonsumsi air putih,'' ucap dr Erwinto. ***