SELATPANJANG - Koper Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Kepulauan Meranti mulai dikumpulkan, Jumat (3/8/2017). Pengumpulan koper tersebut dilakukan untuk mempermudah para petugas haji daerah dalam mengelola proses keberangkatan ke tanah suci.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Drs H Miskam Slamat MA melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) H Hasbullah SAg.

"Ia benar koper jamaah sudah dikumpulkan. Ini untuk mempermudah proses keberangkatan jamaah kita," kata H Hasbullah. 

H Hasbullah juga menjelaskan bahwa proses pengumpulan koper jamaah masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yaitu ada petugas dari Seksi PHU yang mengkoordinir dan menerima koper tersebut. Sementara waktu pengumpulan koper itu disediakan pada saat jam kerja kantor dari pukul 08.00 s/d 16.00 WIB di Kantor Kemenag Kepulauan Meranti, Jalan Dorak Selatpanjang.

H Hasbullah juga berharap kepada JCH untuk sesegera mungkin mengumpulkan koper kepada petugas yang telah ditunjuk. Koper-koper tersebut nantinya akan diverifikasi dan dicek agar sesuai dengan ketentuan yang ada seperti berat, bawaan dan ketentuan lainnya.

JCH dari Kabupaten Kepulauan Meranti akan berangkat ke tanah suci melalui Embarkasi Batam. Rencananya Jamaah akan berangkat ke Batam melalui Pelabuhan Tanjung Harapan pada tanggal 07 Agustus 2017 menggunakan Feri Batam Jet. Sampai di Pelabuhan Sekupang, jamaah langsung menuju ke Asrama Haji Batam untuk beristirahat dan bermalam menjelang keberangkatan keesokan harinya.

JCH dari Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 81 orang dan 2 jamaah cadangan yang awalnya jamaah ini karna merupakan jamaah cadangan,  yang direncakan mereka akan berangkat di kloter 26, namun setelah diupayakan Alhamdulillah 2 jamaah ini bisa berangkat bersama kloter 10 karena visa yang bersangkutan telah keluar. (rls/rena/***)