KARANGANYAR – Seorang siswi SMA di Jumapolo, Karanganyar, melahirkan bayi di rumah sakit setelah mengalami kontraksi di sekolah saat jam pelajaran.

Dikutip dari Kompas.com, Kapolsek Jumapolo AKP Hermawan, gadis tersebut mengaku dihamili pacarnya yang juga masih SMA, namun beda sekolah.

Kedua keluarga sepakat menyelesaikannya secara kekeluargaan dengan menikahkan gadis yang baru melahirkan itu dengan pria yang menghamilinya.

''Kedua pihak menyepakati keduanya dinikahkan. Usia keduanya belum genap 19 tahun sehingga harus menempuh dispensasi nikah dari PA Karanganyar,'' kata Hermawan, seperti dikutip dari Tribun Solo, Jumat (9/9/2022).

Masih Ingin Sekolah

Hermawan menjelaskan, siswi tersebut mengaku masih ingin sekolah, namun tidak di sekolahnya sekarang.

''Dia menolak melanjutkan pendidikan di sekolah asalnya, dia mau bersekolah lagi asalkan pindah ke SMA lain,'' kata Hermawan.

Kontraksi Saat Belajar

Dilansir Tribun Solo, siswi SMA tersebut mengalami kontraksi saat jam pelajaran di sekolah. Setelah dilarikan ke rumah sakit, siswi tersebut melahirkan bayinya.

Ternyata dia menyembunyikan kehamilan selama berada di lingkungan sekolah.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Karanganyar Titi Umarni menjelaskan, telah memberikan pendampingan pada siswi itu.

''Tim kami sudah ke sana untuk memberikan pendampingan, dia dalam pantauan kami masa depannya masih bisa diselamatkan,'' katanya.

Menurutnya, kondisi siswi tersebut dalam keadaan baik usai melahirkan.

''Kondisi ibu dan bayi selamat kini dirawat oleh orangtua siswi tersebut,'' kata dia.***