PEKANBARU - Berakhirnya Pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019 yang berlangsung di Jakarta pada Kamis (26/9/2019) lalu, berhasil menggiring kontingen Riau berada diperingkat sembilan dengan total peraihan 17 medali.

Diantaranya, empat medali emas, empat perak, dan sembilan perunggu. Yang disumbangkan oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di Riau, seperti Universitas Riau (Unri), Universitas Lancang Kuning (Unilak), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dan lainnya.

Berdasarkan hasil raihannya, Unilak menyumbangkan tiga medali emas untuk cabor renang, satu perak cabor silat, dan dua perunggu dari sepak takraw.

Sementara Unri sumbangkan satu emas cabor anggar dan tiga perak dari masing-masing cabor gulat, karate, dan lempar cakram. Serta tiga perunggu untuk cabor gulat dan karate.

Ketua Kontingen Riau, Eddi Asnawi mengatakan, bahwa Unilak menjadi universitas terbanyak sumbangkan medali emas untuk kontingen Riau.

"Kita bersyukur mampu mempertahankan peringkat sembilan di Pomnas Jakarta tahun ini, saya merasa bangga karena diajang ini Unilak jadi penyumbang medali emas terbabyak dan berhasil meningkatkan perolehan mendali jika dibandingkan dengan pelaksanaan Pomnas ke XV Makasar," kata Eddi di Pekanbaru, Selasa (1/10/2019).

Edi juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada setiap atlet yang memperoleh medali di ajang Pomnas, dan berharap pada pelaksanaan Pomnas yang akan datang, atlet dapan meningkatkan prestasinya.***