PEKANBARU - Fokus untuk persiapan menghadapi PON XX Papua tahun 2020 mendatang, KONI Riau menekankan ada empat kategori atlet yang harus diseleksi setiap cabang olahraga (cabor).

"Empat kategori itu, kategori unggul, kategori andalan, kategori harapan dan kategori masa depan," kata Emrizal Pakis berbincang dengan GoRiau.com, Rabu (12/12/2018) di Kantor KONI Riau.

Dijelaskannya, untuk kategori unggul yakni atlet yang meraih prestasi medali emas di kejuaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2019 mendatang maupun Pra PON.

"Kemudian, kategori andalan yang merupakan atlet yang berhasil meraih prestasi medali perak atau perunggu. Serta kategori harapan, yang merupakan atlet peraih rangking lima besar dan memiliki potensi untuk meningkatkan prestasinya," jelasnya.

"Terakhir ada kategori masa depan, yang merupakan atlet memiliki bakat dan ini kita kembalikan kepada pengprov cabornya untuk menjalani latihan lebih baik lagi agar bisa mengukir prestasi pada kejuaraan lainnya," tambahnya.

Masih kata Emrizal, atlet yang paling dicari saat ini ialah yang masuk kategori unggul dan andalan. Sebab, tahun 2019 nanti kita akan masuk ke tahap pemantapan atlet dan tidak lagi mencari-cari atlet yang akan diturunkan pada Porwil dan juga PON 2020.

"Kita berharap dari cabor-cabor yang sudah mengikuti kejurnas dipenghujung tahun 2018 ini, sudah memiliki atlet yang sudah mantap untuk mewakili Riau di Porwil 2019 dan PON 2020," pungkasnya. ***