PEKANBARU - Pulau Rupat merupakan pulau terluar di Provinsi Riau yang berdekatan dengan negara Malaysia dan memiliki hutan mangrove m maupun bakau yang sangat luas. Namun, hutan di pesisir pulau tersebut terancam rusak dan punah, akibat berbagai kegiatan ilegal.

Salah satu Pendiri Komunitas Peduli Lingkungan Bakau Management Comunity (BMC), Candra maulana mengatakan, bahwa hutan mangrove yang keseluruhan tersebar di Kecamatan Rupat dan Rupat utara sekitar 70 persen dalam kondisi rusak akibat dirambah. Kayunya dijadikan bahan baku arang dan diekspor. Meski begitu ada juga yang menebang mangrove untuk dijadikan lahan bisnis pribadi.

"Perambahan dilakukan sudah berjalan belasan tahun, perharinya sekitar 20 ton Pohon bakau atau mangrove yang ditebang dan diindikasikan tidak memiliki izin. Bayangkan saja sudah berapa hektar hutan bakau di pulau kami yang rusak," kata Candra kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Kamis (31/10/2019).

Seperti diketahui, mangrove adalah hutan yang dilindungi. Yang apa bila mangrove itu rusak akan menimbulkan abrasi,erosi pantai dan sungai. Bahkan, kerusakan magrove ini akan mengganggu keseimbangan ekosistem pesisir dan akar tongkat dari pohon mangrove dalam memberi zat makanan dan menjadi daerah nursery bagi hewan ikan dan invertebrata yang hidup di sekitarnya. Di mana, berbagai jenis hewan darat berlindung atau singgah bertengger dan mencari makan di habitat mangrove.

Candra menambahkan, pihaknya sangat resah dan khawatir dan meminta kepada penegak hukum bersama pemerintah yang terkait untuk segera memberikan tindakan dan solusi yang betul-betul serius terkait permasalahan ini.

"Kami sudah berkordinasi dengan pihak kementerian KLHK dan Dinas kehutanan Provinsi Riau disaat mereka survei ke Pulau Rupat. Dan menurut kami sampai saat ini belum ada tindakan yang serius. Makanya pada kesempatan ini saya mengajak pemerintah, penegak hukum dan elemen masyarakat Rupat baik itu para pemuda, mahasiswa dan para intelektual untuk lebih peduli terhadap daerahnya. Kalau bukan kita siapa lagi," tukasnya. (rls)