PEKANBARU – Pada 9 Juni 2022 lalu, Anita Rahmi dilantik sebagai Kepala Urusan (Kaur) Wilayah atau Kepala Dusun V Karangan Tinggi, Desa Kuapan, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Ternyata, Anita Rahmi merupakan mahasiswi di Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (FKIP Unri) angkatan 2019. Anita yang kini duduk di semester 7 itu mengikuti Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balik Kampung bersama teman-temannya di Desa Kuapan.

GoRiau Anita Rahmi menerima SK sebaga
Anita Rahmi menerima SK sebagai Kepala Dusun V Karangan Tinggi dari Kepala Desa Kuapan Limasnur. (Ist)

''Saya dilantik oleh Kepala Desa Kuapan, Limasnur pada tanggal 9 Juni 2022 untuk posisi Kaur Wilayah di Dusun V Karangan Tinggi,'' ujar Anita beberapa hari lalu.

Pelantikan itu, kata Anita, dihadiri Camat Tambang yang diwakili Kepala Seksi Pemerintahan Jupri.

''Pemilihan kepala dusun di Desa Kuapan berdasarkan peraturan daerah atau perundang-undangan yang berlaku. Mulai dari penjaringan yang diadakan oleh panitia Desa Kuapan, selanjutnya penyeleksian di Kantor Camat Tambang berupa tes tertulis, wawancara, pidato, mengaji dan tes komputer,'' terang gadis kelahiran Karangan Tinggi, 1 Januari 2001 itu.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kukerta Unri M Yogi Riyantama Isjoni, SE MM, mengatakan, Anita Rahmi termasuk mahasiswi yang cerdas dan punya kemampuan yang baik dalam bersosialisasi dan bekerja sama.

''Anita adalah sosok yang cerdas dan memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik serta mampu bersinergi dalam berbagai program. Semoga kepemimpinannya bermanfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kuapan,'' kata dosen FKIP Unri itu.

Kepala Desa Kuapan Limasnur menilai Anita sosok yang tekun, gigih dan bertanggung jawab. Menjadi kepala dusun, menurut Limasnur, merupakan langkah awal bagi Anita untuk mengemban jabatan yang lebih tinggi dan tanggung jawab yang lebih besar.

''Dengan ketekunan, kegigihan dan rasa tanggung jawab yang besar, kita yakin Anita nantinya bisa memajukan Desa Kuapan,'' ujar Limasnur.rls