SELATPANJANG – Kepadatan arus mudik di Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau meningkat signifikan hingga hari kedua Idul Fitri 1443 H, Selasa (3/5/2022).

Dari data yang dirangkum dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kelas IV Selatpanjang, jumlah arus mudik dengan jumlah kedatangan naik signifikan sebanyak 2.435 penumpang pada H-1 lebaran.

Jumlah ini mengalami peningkatan dari H-7 yang hanya 860 penumpang saja. Sedangkan untuk jumlah keberangkatan pada H-1 sebanyak 501 penumpang. Jumlah ini tidak begitu signifikan jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Kepala KSOP Selatpanjang, Capt Leonard Natal melalui Petugas Lalu Lintas Laut, Ade Kurniawan pada Selasa (3/5/2022) mengatakan, peningkatan arus mudik tahun ini juga nampaknya mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan penumpang menjelang Lebaran tahun ini dibanding tahun 2019 mengalami pertumbuhan. Untuk penumpang turun mengalami kenaikan berkisar 50-60 persen sementara untuk penumpang naik mengalami pertumbuhan 40-66 persen.

Dijelaskan Ade, peningkatan tahun ini diprediksi karena kelonggaran terhadap masyarakat yang akan mudik tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

"Masyarakat kita pada tahun sebelumnya kesulitan mudik karena penyekatan, untuk kelonggaran pada tahun ini nampaknya masyarakat mulai memanfaatkan untuk bisa mudik," ungkap Ade.

Ade juga menjelaskan pada H-1 lebaran tahun ini juga jumlah armada juga semakin ditambah untuk memfasilitasi seluruh masyarakat yang mudik. Tercatat pada H-1 ada 34 kunjungan kapal yang datang maupun berangkat, jumlah ini signifikan meningkat dibanding H-9 yang berjumlah 18 kapal.

"Armada kapal juga bertambah menyesuaikan dengan jumlah kebutuhan, yang pasti kita berusaha agar masyarakat yang mudik tetap terfasilitasi dan juga tetap aman selama melakukan perjalanan," tuturnya.

Walaupun demikian Ade mengatakan saat Hari Lebaran, Senin (2/5/2022) armada kapal berkurang. Tercatat pada hari lebaran hanya ada 6 kunjungan kapal dengan jumlah penumpang turun 464 penumpang dan penumpang naik sebanyak 217 penumpang.

"Memang saat lebaran cukup sedikit karena kita menghormati hari Idul Fitri. Jadi kapal yang berangkat hanya siang hari diprediksi setelah orang melakukan Salat Ied," pungkasnya.

Peningkatan arus mudik juga diprediksi akan terus meningkat seminggu setelah lebaran.***