PEKANBARU - Seorang pria mengaku polisi berinisial TI, sukses melarikan barang serta perhiasan dengan total jutaan Rupiah milik seorang mahasiswi. Akal bulus pelaku terbongkar setelah korban menyelidiki ke tempat ia mengaku berdinas, yakni di Polsek Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Modus penipuan semakin hari kian beragam. Bila tidak hati-hati, siapa saja bisa jadi korbannya. Seperti yang dialami Puput (disamarkan, red). Mahasiswi tersebut kehilangan handphone, laptop serta perhiasan berupa cincin. Ia tertipu oleh pria yang baru dikenalnya dari Facebook.

Informasi yang diperoleh GoRiau.com, Puput yang baru kenal dua hari dengan TI tak menaruh curiga kalau pelaku adalah seorang penipu. Pelaku mengaku anggota polisi yang berdinas di Polsek Mandau. Setelah tipu daya ini termakan, TI lalu mengajak targetnya ketemuan di sebuah wisma di Duri Timur.

"Ngakunya penyidik (Reskrim) ke korban. Jadi saat ketemu (di wisma) dia pinjam barang-barang tersebut dengan alasan untuk memfoto tahanan di Polsek," sebut Kapolres Bengkalis, AKBP Hadi Wicaksono, Rabu (4/1/2017) pagi kepada GoRiau.com (GoNews Group).

Tak cuma itu, TI juga berdalih meminjam perhiasan itu kepada korban karena malu sering diledekin atasannya karena belum juga menikah. "Jadi modusnya begitu buat pinjam dua cincin milik korban," sambung Hadi Wicaksono.

Setelah mendapatkan apa yang ia inginkan, TI pun pergi meninggalkan korban di wisam tersebut. Namun belakangan, Puput yang curiga akhirnya mendatangi Polsek Mandau tempat pelaku mengaku berdinas. Kagetnya ia, setelah mengetahui kalau TI tak terdaftar sebagai anggota di sana.

Setelah mendapatkan laporan terkait penipuan ini, aparat kepolisian pun langsung melakukan pengejaran. Tak butuh waktu lama bagi polisi buat meringkus TI. Ia pun akhirnya ditangkap oleh polisi betulan dan dijebloskan ke sel.

"Kejadian (penipuannya) Senin kemarin dan pelaku sudah berhasil kita amankan untuk dimintai keterangannya lebih lanjut," pungkas Kapolres Bengkalis. ***