JAKARTA - Yoga Alfamart, nama itu tiba-tiba tenar dan jadi trending di media sosial Instagram dan Youtube selama bulan Ramadan 2019 sekarang ini.

Lalu siapakah sebenarnya sosok Yoga Alfamart itu?. Yoga adalah orang biasa, dia hanya sorang pegawai Alfamart yang sangat dermawan.

Yoga tinggal di kos-kosan bersama beberapa rekan se-profesinya. Namun nasib Yoga tiba-tiba berubah drastis hanya karena sebotol minuman dan sepotong ayam goreng.

Ya... gara-gara minuman dan makanan itu, Yoga selain mendapat rejeki berbentuk uang, Ia juga mendapat rezeki bisa umrah gratis. Lalu bagaimana ceritanya?

Berdasarkan penelusuran GoNews.co di chanel Youtub Baim Paula, Baim Wong pada 29 April 2019 membuat konten eksperimen bersama bos ESQ Ary Ginanjar. Keduanya membuat konten video mencari-cari orang baik di Indonesia yang mau membantu sesama.

Saat itu Ary Ginanjar pun didandanin ala gelandangan yang nekat masuk ke pusat perbelanjaan termasuk Alafamart di tempat Yoga bekerja. Disinilah eksperimen yang sudah ditonton 1,862,495 views memperlihatkan ketulusan dan kepedeulian sosok Yoga.

Disaat Ary Ginanjar menyamar sebagai gelandangan dan meminta minum, Yoga langsung bertanya "Bapak mau minum apa? Ary pun mengambil minuman botol seharga Rp5.000.

Namun Ary berpura-pura tidak memiliki uang. Bos yang dikenal dengan Owner Menara 45 itu, mencoba menawar minuman tersebut. "Bisa gak seribu? Uang saya cuma segitu" tawar Ary.

Tanpa diduga Yoga langsung bilang "Enggak usah bapak, biar saya saja yang bayar. Bapak udah makan belum?" tanya Yoga.

Ary pun berpura-pura belum makan. "Belum," jawab Ary. Tanpa diduga, Yoga langsung ke luar Alfamart membelikan nasi ayam.

Tak ingin berlama-lama ngerjain Yoga, sang artis Baim Wong pun langsung muncul dan memberitahu, bahwa ini hanya pura-pura belaka. "Waduh ini ada apa ya?" tanya Yoga yang terlihat kaget.

Saat itulah, Baim Wong dan Ary Ginanjar langsung memberikan penjelasan tujuan dari eksperimen tersebut. Yoga pun ditantang untuk menjadi orang lebih baik dengan membagi-bagikan uang ke karyawan Alfamart lainnya.

Dengan tangis haru dan segepok uang, Yoga pun membagi-bagikan uang tersebut. Dan di akhir video, Baim Wong dan Ary Ginanjar juga menyambangi kos-kosan Yoga dengan memberikan segepok uang.

"Teruslah ikhlas dan menjadi orang baik ya. Kamu bener-bener orang baik, tapi kenapa kamu mau membantu gelandangan," tanya Ary. "Saya cuma ingat orang tua saya pak," jawab Yoga sambil menangis.

Setelah video itu viral dan menjadi perbincangan di Youtube. Owner ESQ Ary Ginanjar pun mengundang secara resmi Yoga ke ruang kerjanya.

Dan tak diduga, ternyata Ary Ginanjar memintanya ikut dalam pengumuman orang-orang beruntung yang bakal ikut ibadah umrah dengan bos ESQ tersebut.

Dalam salah satu video ESQ yang tayang pada 15 Mei 2019, Yoga terlihat benar-benar datang ke acara tersebut. Dalam pidatonya, Ary Ginanjar mengumumkan siapa saja yang bakal ikut umrah dengannya. "Yang pertama saya akan mengumumkan orang yang bakal ikut saya umrah. Dia adalah orang yang baik. Siapa orang yang telah memberi makanan ke saya?" tanya Ary.

Pengunjung pun menjawab kompak "Yoga". "Siapa yang memberi saya minuman," tanya Ary lagi. Lagi-lagi semua kompak menjawab "Yoga".

Kamere pun disorot mengarah ke sosok Yoga si Pegawai Alfamart. Yoga pun langsung diminta ke panggung. "Inilah orang baik yang akan umrah bareng saya," ujar Ary sambil memeluk Yoga. Keduanya pun tak bisa menahan tangis di atas panggung.

Dan benar, akhirnya Yoga bisa melaksanakan ibadah umrah di bulan suci Ramadan bersama bos ESQ tersebut. Nah bagaiaman dengan anda? Maukah anda berbuat baik setiap hari?***