TEMBILAHAN-Pagi masih berkabut, Markas Kodim 0314 Indragiri Hilir (Inhil), Riau sudah dipenuhi sedikitnya 200 orang dengan berpakaian lengkap, menggunakan helm dan membawa sepeda.

Berkumpulnya para pecinta sepeda di Makodim Inhil tersebut ternyata tidak lain untuk memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia.

"Acara ini kita namakan Goes Merdeka, nanti sepanjang 12 kilo meter kita akan mengayuh sepeda mengelilingi Kota Tembilahan," jelas Dandim 0314 Inhil, Letkol Inf Andrian Siregar, Minggu (18/8/2019).

Tidak hanya untuk memperingati kemerdekan, berseped bersama ini dijelaskan Dandim juga untuk menumbuhkan dan mengembangkan komunitas olahraga Fun Bike di Inhil.

"Kita ingin menjalin silaturahmi antara TNI dan Rakyat agar terbentuk dan terwujudnya Kemanunggalan TNI dan rakyat," lanjut Dandim.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar lahan ataupun hutan yang akan merugikan kesehatan masyarakat banyak.

"Ayo jadi agen-agen masyarakat peduli api dan cinta lingkungan," ajak Dandim.

Turut ikut dalam gowes bersama tersebut, Kepala Bea dan Cukai Inhil, Ka Lapas Inhil, Ketua Pelindo, Ketua Perikanan dan Kelautan, Kepala Cabang BRI Tembilahan dan Pejabat Forkopimda Inhil lainnya.

Adapun rute yang di tempuh sekitar berjarak 12 KM melalui Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, Jalan Sewarna Bumi, Jalan Pekan Arba lalu tembus ke Jalan Telaga Biru dan memasuki jalan Saptamargauntuk menuju titik Finish di pintu gerbang Makodim Inhil.(ayu)