PEKANBARU – Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) baru saja kembali digelar pada awal Juni lalu, setelah pandemi Covid-19 dinilai landai. Namun, saat ini kasus Covid-19 disebut kembali naik di Kota Pekanbaru.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan, pihaknya berencana mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yang digelar setiap Minggu pagi, di Jalan Sudirman tersebut. Saat ini, evaluasi dilakukan untuk memastikan apakah lokasi keramaian Itu bisa tetap digelar atau ditutup.

"CFD akan kita evaluasi. Bagaimana soal CFD kelanjutannya, bakal kami laporkan kepada pimpinan," ujarnya, Minggu (31/7/2022).

Yuliarso menyebutkan, Dishub Pekanbaru akan mengikuti keputusan pimpinan usai melaporkan hasil evaluasi. Pihaknya juga bakal berkoordinasi dengan pihak terkait perihal pelaksanaan CFD.

Sementara itu, ia mengimbau warga yang berkunjung ke CFD dapat menerapkan protokol kesehatan. Sehingga kegiatan itu bisa terus berlangsung dengan aman.

Ia menjelaskan, Dishub sudah menyiapkan kode QR yang dapat mengakses Pedulilindungi untuk memastikan kesehatan pengunjung. Diharapkan, selain menggunakan masker, pengunjung juga melakukan pemindaian kode QR saat akan masuk area CFD.

"Disana sudah kita siapkan. Untuk memastikan pengunjung aman dari Covid-19," pungkasnya. ***