BENGKALIS–Kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis terus bertambah.Bila sebelumnya tambahan kasus baru 79 orang, kini meningkat menjadi 92 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Ersan Saputra Th menjelaskan, tambahan 92 kasus baru terkonfirmasi Covid-19 itu berasal 9 kecamatan. Tertinggi dari Mandau 28 orang, Bengkalis 22 orang dan Bantan 19 orang.

"Jadi total penambahan kasus baru dari Pulau Bengkalis per Sabtu 24 Juli 2021 sebanyak 41 orang,” terang Ersan.

Selain ketiga kecamatan tersebut, imbuhnya, penambahan kasus baru juga terjadi di Pinggir 10 orang, Bathin Solapan 5 orang, Rupat 4 orang, Bukit Batu 2 orang, serta Siak Kecil dan Rupat Utara masing-masing 1 orang.

Kata mantan Direktur RSUD Mandau ini, 28 orang tambahan di Mandau, berasal dari (kelurahan/desa) Duri Barat 3 orang, Pematang Pudu 5 orang, Babussalam 1 orang, Balik Alam 3 orang, Gajah Sakti 2 orang, Air Jamban 11 orang, dan Talang Mandi 3 orang.

Sedangkan 22 orang dari Bengkalis merupakan warga Kelapapati 8 orang, Wonosari 4 orang, Air Putih 1 orang, Damon 2 orang, Rimba Sekampung 3 orang, dan Senggoro 4 orang.

Sementara 19 orang di Bantan berasal dari Jangkang 3 orang, Teluk Pambang 9 orang, Pambang Pesisir 4 orang, serta 3 orang lainnya warga Bantan Air, Bantan Sari, dan Pasiran.

Lalu, 10 orang dari Pinggir merupakan penduduk Muara Basung 5 orang, Titian Antui 4 orang, dan Balai Pungut 1 orang.

Selanjutnya, 5 orang di Bathin Solapan berasal dari Boncah Mahang 1 orang, Balai Makam 3 orang, dan Simpang Padang 1 orang.

Untuk tambahan kasus baru di Rupat, katanya, berasal dari Pangkalan Pinang 3 orang, dan Sungai Cingam 1 orang.

“Kemudian, 2 orang di Bukit Batu berasal dari Pakning Asal. Sedangkan 1 orang di Siak Kecil dan 1 orang di Rupat Utara, masing-masing dari Sungai Linau dan Kadur”, tambahnya.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambahnya, Ersan kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” harap Ersan.***