PANGKALAN KERINCI -Setelah beberapa pekan Kabupaten Pelalawan, Riau tidak ada kasus aktif Covid-19, kini berdasarkan update data Covid-19 Pelalawan, ada dua kasus aktif baru.

Dalam pekan ini, terdapat dua warga Kabupaten Pelalawan terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih menjalani isolasi mandiri (isoman).

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes, Sabtu (27/11/2021) mengatakan, kedua warga terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut menjalani isolasi mandiri.

"Mereka tidak mengalami keluhan medis yang berat, sehingga tidak perlu menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit," terangnya.

Namun untuk data hari ini, lanjut Asril, tidak terdapat adanya penambahan kasus positif baru. "Kalau penambahan kasus hari ini tidak ada, iya nihil. Hanya dua kasus terkonfirmasi kemarin," terang Asril.

Dia menambahkan, meski sempat naik ke status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, Kabupaten Pelalawan telah turun PPKM level 2.

Turunnya status PPKM di Kabupaten Pelalawan ke level 2 ini setelah keluarnya Imendagri tertangal 22 November 2021.

"Untuk status PPKM, Pelalawan level 2 sesuai dengan Imendagri yang baru keluar. Jadi ada beberapa kabupaten, termasuk Pelalawan yang turun level dari level 3 menjadi level 2," terang Asril.

Turunnya level PPKM ini, jelas dia, ada 6 indikator seperti angka hunian runah sakit yang turun sampai titik 0. Kemudian angka kesembuhan, angka kasus, angka tracing dan juga capaian vaksinasi.

"Upaya kita menurunkan level itu Alhamdulillah dalam minggu-minggu ini sudah berhasil, menurunkan angka kasus kemudian juga angka capaian vaksinasi yang meningkat," tandas Asril.***