PEKANBARU - Hari ini, Bripka Anumerta Hendra Saut Parulian Sibarani dimakamkan di Taman Makam Bahagia, Pekanbaru, Minggu (22/12/2019). Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memimpin upacara pemakaman anggota Satuan Brimob Polda Riau yang sedang melaksanakan tugas negara Aman Nusa Satu di Papua.

Hendra Saut wafat, 18 Desember 2019 pada saat melaksanakan tugas pukul 14. 20 WIT di wilayah Dekai, Polres Yahukimo dalam operasi dengan sandi Aman Nusa 1 2019. "Semoga pengorbanan almarhum akan tercatat sebagai sejarah bagi bangsa Indonesia dan masyarakat Riau pada khususnya," kata Agung.

Almarhum gugur saat menjalankan tugas dikatakan Agung. Dengan semangat dan dedikasi almarhum sangat menginspirasi. Hal itu memberikan semangat bagi Polda Riau agar bisa berbuat lebih dari almarhum, untuk bangsa dan negara.

"Almarhum Hendra adalah sosok periang. Ia dikenal dekat dengan rekan rekannya di Satuan Brimob, sebab sifat-sifatnya yang gampang akrab dan selalu ramah dalam bergaul," ujar Agung.

Sebagai penghormatan pada almarhum, sambung Agung, Polda Riau telah memberikan tali asih berupa sebuah rumah kepada ahli waris atas dedikasinya selama berdinas di Brimob Polda Riau. Tali asih ini diberikan secara simbolis kepada isteri almarhum di ruang kerja Kapolda Riau, sebelum upacara pemakaman dilaksanakan.

"Almarhum bersama 400 personel Brimob Polda Riau diberangkatkan ke Polda Papua dan saat ini baru 100 personil Brimob Polda Riau yang kembali penugasan dalam Operasi Aman Nusa Satu itu. Kami masih menunggu kabar 300 personel kembali dari penugasan tersebut," ungkap Agung.

Untuk diketahui, Bripka Anumerta Hendra Saut Parulian Sibarani ini dilahirkan di Batam, 24 Oktober 1986 lalu. Ia adalah anak kedua dari tujuh bersaudara. Almarhum gugur dalam tugas saat melaksanakan tugas pada 18 Desember 2019 pada Operasi Aman Nusa I dibawah kendali operasi (BKO) di Papua dan Papua Barat. ***