PEKANBARU - Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mendesak Pemerintah Kota Pekanbaru untuk secepatnya merealisasikan masterplan penanganan banjir yang sudah rampung.

Hal tersebut dikarenakan banjir sudah menjadi keluhan masyarakat di Kota Pekanbaru di awal tahun 2021 ini, dimana jika hujan lebat semalaman, maka pagi harinya masyarakat harus dihadapkan dengan kondisi banjir di beberapa titik.

"Harusnya setelah masterplan diselesaikan oleh Pemko, harus segera dieksekusi di 2021 ini. Apalagi ini musim penghujan. Kita khawatirkan adanya tumpukan sampah ini juga menjadi masalah baru," kata Politisi PKS ini, Kamis (14/1/2021).

Sebab, ujar Hamdani, saat ini terjadi penumpukan sampah akibat kelalaian dari DLHK yang tidak mempersiapkan diri untuk pengadaan jasa distribusi sampah. Penumpukan sampah ini dikhawatirkan akan menambah parah banjir

Apalagi, masyarakat Pekanbaru, lanjutnya, sudah cukup geram dengan tatakelola pemerintahan akibat penumpukan sampah ini, sehingga jika banjir terus terjadi maka akan ada stigma negatif masyarakat terhadap pemerintah.

"Kalau tumpukan sampah tidak diangkut secara baik ditambah dengan banjir, ini akan menjadi penyakit bagi warga Pekanbaru. Ini sangat kita sayangkan jika sampai terjadi," jelasnya.

Untuk itu, Hamdani berharap Pemko Pekanbaru secepatnya membumikan atau merealisasikan masterplan penanganan banjir yang sudah rampung sejak tahun 2020 ini.***