BENGKALIS, GORIAU.COM - Kafilah Kabupaten Bengkalis yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke 34 di kabupaten Siak, secara resmi dilepas oleh Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie, Senin malam (9/11/2015).

Bertempat di Balai Kerapatan Wisma Sri Mahkota Bengkalis, kegiatan pemberangkatan kafilah tersebut dimulai dengan pembacaan Qur'an oleh qoriah nasional Yossi Okta dan Femti Nanda Putri. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Syarhil Qur'an. Dimana penampilan sejumlah kafilah ini sengaja ditunjukkan untuk menguji dan melihat langsung kesiapan para peserta.

"Kalau melihat penampilan pembacaan Al-Qur'an dan Syarhil tadi, Insya Allah kita akan mendapatkan prestasi yang cukup baik. Terlebih lagi kesemuanya merupakan anak jati Kabupaten Bengkalis" ujar Pj Bupati dalam sambutannya saat itu.

Hal ini, lanjutnya yang patut di banggakan. Karena para peserta bukan lagi 100 persen, tetapi 1000 persen produk lokal alias No Import. "Umpama ungkapan Rangga Umara dalam kata bijaknya mengatakan 'Bila telur dipecahkan oleh kekuatan luar, kehidupan akan di dalamnya akan ikut berakhir. Tetapi apabila telur itu dipecahkan oleh kekuatan dalam, berarti kehidupan baru telah lahir," ungkap Pj Bupati.

Oleh karena itu, pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis komit untuk menggunakan hasil pembinaan sendiri yang dilakukan selama ini saja. Tidak perlu mengandalkan kafilah dari luar daerah untuk membanggakan Negeri Junjungan.

"Kepada para kafilah, kami tidak memasang apa lagi membebani mereka dengan target tertentu. Menjadi juara umum misalnya. Meski begitu, kepada seluruh kafilah kita tetap mengharapkan untuk memberikan dan menampilkan yang terbaik bagi Kabupaten Bengkalis dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi ini nanti. Apapun hasilnya, kami tetap bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi," kata Ahmad Syah.

"Peserta harus berkeyakinan bahwa semua lawan itu sama. Bahkan bila perlu tanamkan bahwa lawan itu lebih rendah dari pada kita, kita lah yang terbaik dari yang lain," motivasi Pj Bupati kepada para kafilah Kabupaten Bengkalis.

kepada Pengurus LPTQ Kabupaten Bengkalis, meski selalu disampaikan, Pj Bupati kembali mengingatkan bahwa hasil yang luar biasa belum tentu dari proses yang benar. Tetapi proses yang benar sudah tentu menghasilkan yang luar biasa dan baik dikemudian hari

Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis mengatakan, untuk jumlah seluruh kafilah yang akan berangkat ke Kabupaten Siak ini sebanyak 37 orang ditambah ofisial 38 orang. Dan akan berangkat pada Kamis (12/11/2015).

"Mudah-mudahan semua kafilah kita dapat tampil maksimal. Untuk stamina dan kesehatan selama MTQ berlangsung kita akan tetap perhatikan semaksimal mungkin," singkat Arianto.(ail)