TELUKKUANTAN - Nama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menggema di Tepian Lubuok Sobae Baserah selama perhelatan pacu jalur 20-22 Juli 2017. Apalagi, ketika jalur Linggar Jati Adhyaksa Kuansing mampu mengalahkan Siposan Rimbo RAPP pada hari ke-2.

Setelah mengalahkan Siposan Rimbo, Linggar Jati Adhyaksa Kuansing semakin diunggulkan sebagai sang juara.

Pada hari ke-3, Linggar jati yang sukses melaju ke semifinal setelah mengalahkan jalur Kahulu Jantan Danau Kompe. Namun, laju Linggar Jati terhenti di tangan Raja Laut saat memperebutkan tiket final. Ia pun harus berpuas diri pada peringkat ke-5 pada iven pacu jalur Kuantan Singingi (Kuansing) Rayon III di Tepian Lubuok Sobae Baserah.

Kendati demikian, prestasi tersebut cukup mengharumkan nama institusi yang dipimpin Jufri, SH, MH. Sebab, Kejari Kuansing sangat peduli dengan keberlangsungan budaya masyarakat Kuansing.

Bertepatan hari itu juga, Kejari Kuansing sedang merayakan Hari Bhakti Adhyaksa ke-57 Kejaksaan Republik Indonesia. Tentu, prestasi ini menjadi kado dari masyarakat Pulau Kumpai Pangean untuk Kejari Kuansing.

"Sebenarnya kita ingin mempersembahkan juara I sebagai kado ulang tahun kejaksaan, tapi rezeki kita hanya pada peringkat 5," ujar Marwan selaku Ketua Jalur Linggar Jati.

Marwan mengaku seluruh masyarakat Pulau Kumpai ingin memberikan kado terindah untuk Kejaksaan RI, khususnya Kejari Kuansing yang telah membina jalur Linggar Jati Adhyaksa Kuansing.

Sementara itu, Kajari Kuansing melalui Kasi Intel Revendra, SH mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan Linggar Jati di ajang pacu jalur rayon III di Tepian Lubuok Sobae Baserah.

"Dukungan dan binaan yang kita berikan kepada jalur Linggar Jati Adhyaksa Kuansing merupakan bentuk partisipasi Kejaksaan RI dalam melestarikan budaya Kuansing. Apalagi, pacu jalur sudah berumur ratusan tahun dan kami juga bagian dari daerah ini," ujar Revendra.

Revendra berharap, atlet Linggar Jati terus bersemangat dalam berlatih sehingga mampu mengukir prestasi yang gemilang. Sebab, hasil maksimal hanya bisa didapat dengan cara kerja keras.***