BANGKINANG - Olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) dan festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) pada jenjang SD/SMP tingkat Kabupaten Kampar digelar. Kegiatan ini dilangsungkan pada hari ini Kamis, 19 - 21 April 2018 yang dipusatkan dilapangan pelajar Bangkinang Kota.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini. Karena kegiatan yang digelar bisa diterapkan dalam kehidupan anak sehari-hari.

"Moment yang sangat tepat dan berharga bagi anak-anak untuk dapat berkraesi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Kegiatan ini dapat memberikan pengalaman belajar bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri, dan belajar menjunjung tinggi sportivitas serta bisa menerapkan menghargai orang lain," sebut Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

Catur berharap upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis saja, akan tetapi menyangkut aspek non akademis, sehingga dengan begitu siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya.

"Penyelenggaraan kegiatan olahraga dan seni ini merupakan wadah, guna mengapresiasikan kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dibidang Olahraga dan seni," sebut Catur yang menghadiri sekaligus yang membuka kegiatan ini.

Selain itu Wakil Bupati Kampar dari politisi Golkar ini juga menyampaikan ada beberapa manfaat dari diselenggarakan kegiatan ini. Salah satunya bisa meningkatkatkan kondisi kesehatan jasmani dan kreativitas siswa serta terjaringnya bibit-bibit atlit dan peserta berbakat dalam bidang olahraga dan seni untuk dibina.

"Kontingen Kampar nantinya mampu berprestasi pada ajang olimpiade olahraga siswa nasional yang lebih berprestasi ditingkat provinsi maupun tingkat nasional," pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kampar Santoso dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakan O2SN dan FLS2N ini agar iklim kompetisi yang sehat dilingkungan peserta didik ditingkat sekolah, kecamatan dan kabupaten.

"Kegiatan ini guna menjaring peserta didik unggul dibidang olahraga dan seni untuk disiapkan menjadi tim kabupaten kampar dalam kompetisi olahraga dan seni ditingkat provinsi. Kegiatan ini dilangsungkan selama tiga hari mulai tanggal 19 hingga 21 April 2018 mendatang," jelas Santoso.

Ia menambahkan untuk peserta O2SN tahun 2018 ini terdiri dari tingkat Sekolah Dasar 184 orang dari 6 cabang pertandingan. Dan tingkat sekolah menengah berjumlah 178 orang dengan 5 cabang olahraga, dengan total atlit berjumlah 362 orang.

Dan untuk FLS2N terdiri dari 4 cabang lomba untuk katagori sekolah dasar 5 cabang lomba dari tingkat sekolah menengah utama, dengan total 502 orang peserta, semua peserta berasal dari sekolah di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan ada 6 Cabang olahraga, diantaranya cabang olahraga atletik di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang Kota diikuti siswa SD dan SMP, cabang renang di Stanum Bangkinang Kota diikuti siswa SD dan SMP, cabang senam untuk siswa SD, cabang bulu tangkis di GOR Pasir Sialang Bangkinang, diikuti siswa SD dan SMP, cabang karate di GOR SMA 1 Bangkinang Kota diikuti SD dan SMP, dan cabang silat dipadepokan silat Bangkinang diikuti siswa SD dan SMP.

Selanjutnya untuk cabang seni yang diperlombakan FLS2N SD adalah lomba menyanyi tunggal, seni tari, pantomim dan lomba gambar bercerita. Dan untuk lomba tingkat SMP diperlombakan diantaranya festifal kreatifitas tari, festival kreatifitas musik dan tradisional, lomba gitar solo, menyanyi solo dan lomba desain poster.

"Pemenang berbagai kegiatan lomba olahraga dan seni ini akan diikutkansertakan pada O2SN dan FLS2N tingkat Provinsi Riau," tutup Santoso. ***