PEKANBARU - Kabar bahagia menghampiri mahasiswa Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau. Pasalnya, sebanyak 50 mahasiswa Unilak yang telah diseleksi ketat oleh tim beasiswa Bank Indonesia (BI), akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa tersebut.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unilak, Dr Bagio Kadaryanto, SH, MH, mengatakan, bahwa ini merupakan tahun kedua bagi Unilak menerima beasiswa dari BI.

"Jumlah mahasiswa Unilak penerima beasiswa BI tahun ini, ada sebanyak 50 mahasiswa dari berbagai fakultas yang berbeda. Kami sangat berterima kasih dan besar harapan kami, beasiswa ini berkelanjutan dan ada peningkatan pada tahun selanjutnya," kata Bagio di Pekanbaru, Kamis (28/5/2020).

Ia menjelaskan, bahwa nilai beasiswa yang diberikan BI ini sebesar Rp1 juta setiap bulan per mahasiswa dan diberikan selama lima bulan mulai Februari-Juni 2020.

"Totalnya setiap mahasiswa menerima Rp5 juta selama lima bulan. Gunakan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Mengingat kondisi di Riau saat ini juga turut terdampak Pandemi Corona, kata Bagio, beasiswa dari BI ini sangat membantu untuk meringankan pendidikan mahasiswa.

"Karena saat ini perekonomian serba sulit. Harapannya beasiswa ini bisa menjadi motivasi dan solusi bagi mahasiswa untuk meneruskan kuliah dan bisa mempertahankan nilai di Unilak," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswi Unilak yang telah lolos dan diumumkan, Roma mengatakan, ia mendapatkan informasi pengumuman langsung dari BI awal Mei lalu. Sebelumnya, ia telah mengikuti proses seleksi ketat oleh tim beasiswa BI. Salahsatu tahapannya adalah seleksi wawancara melalui daring.

"Senang rasanya dapat beasiswa terlebih saat masa wabah Corona, terima kasih kepada Bank Indonesia dan Unilak," ujar Roma, mahasiwi Fakultas Hukum Unilak yang memiliki IPK 3,9 ini. ***