SELATPANJANG - 'Jumat Senasib' atau lebih dikenal dengan Sedekah Nasi Bungkus menjadi program Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Tebingtinggi, Kepulauan Meranti dibawah kepemimpinan Camat Rayan Pribadi SH.

Program ini diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu seperti buruh harian lepas, pemulung, keluarga kurang mampu, anak yatim piatu pada hari Jum'at di wilayah Selatpanjang sekitar. 

"Selama ini ada progam 'Jumat Berkah' yang dilakukan camat sebelumnya, itu bagus juga, cuma sasarannya tak banyak, hanya satu atau dua rumah saja, jadi program itu kita tingkatkan dan seluruh lurah dan desa yang ambil alih agar sasaran makin banyak," ujar Rayan, Jumat (6/3/2020).

Selain memuliakan hari Jumat, program ini juga diharapkan agar para staf memiliki rasa peduli dan empati terhadap warga yang kurang mampu.

"Ini selain untuk memuliakan hari Jumat, kita juga ingin semua staf kita terlibat dan aktif serta empati terhadap warga kurang mampu. Ada 50 bungkus yang kita sediakan setiap Jumat nanti untuk makan bersama. Adapun sasarannya yakni yatim piatu, pemulung, dan masyarakat yang mengharapkan jasa yang pendapatannya pas- pasan," ujar Rayan lagi.

Selain menyediakan nasi bungkus untuk makan bersama dengan warga yang kurang mampu, dikatakan Rayan, pihak kecamatan juga menyediakan etalase untuk nasi bungkus yang nantinya bisa diambil oleh yang memerlukan.

"Selain mengajak makan bersama para warga kurang mampu di hari Jumat itu, kita juga menyediakan etalase makanan yang kita posisikan di rumah dinas camat dan bisa diambil siapa saja yang membutuhkan," kata Rayan.

Adapun untuk para donatur yang akan mengisi etalase makanan itu, Rayan mengatakan bahwa pihaknya mempersilahkan siapa saja yang ingin berbagi. Selain itu dia juga mengaku kepada seluruh pemilik rumah makan di Kota Selatpanjang untuk menjadi donatur dan mengisi etalase tersebut.

"Kita mempersilahkan siapa saja yang ingin berbagi dan mempunyai rezeki yang lebih. Saya juga sudah mendatangi pemilik rumah makan dan mengajak mereka untuk terlibat mengisi etalase, respon mereka sangat bagus dan mereka bersedia menjadi donatur tetap. Harapan kita juga lauk dan nasinya dipisah agar bisa sampai sore," ungkapnya.***