PANGKALAN KERINCI – Sebanyak 33 siswa siswi SLTA dari 12 kecamatan di Kabupaten Pelalawan, Riau yang terpilih menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2022 akan memasuki pendidikan dan pelatihan (Diklat) di GOR Tengku Pangeran, Pangkalan Kerinci.

Para pelajar itu akan mengikuti diklat selama 20 hari sebagai anggota paskibraka Kabupaten Pelalawan.

Ke 33 pelajar akan bertugas mengibarkan bendera pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan HUT ke-77 RI di kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pelalawan, Dodi Asmasyahputra, Kamis (28/7/2022) mengatakan, diklat akan dimulai 29 Juli 2022.

"Iya, besok mereka akan mulau menjalani pendidikan dan pelatihan selama 20 hari," sebutnya.

Dodi menjelaskan, materi dan bentuk latihan yang diberikan meliputii pengetahuan dan keterampilan baris berbaris, tata upacara dan protokoler upacara kenegaraan, kedisiplinan dan tanggung jawab.

Para calon Paskibraka itu, akan menempati mess di GOR Tengku Pangeran untuk mendapatkan penggemblengan dari para instruktur.

"Instruktur dari TNI, Polri, Purna Paskibraka. Diklat akan berlangsung hingga 18 Agustus mendatang," terangnya.

Rencananya, pembukaan diklat resmi dilaksanakan pada 1 Agustus mendatang oleh Bupati Pelalawan, H Zukri. "Segala sesuatu persiapan sedang kita lakukan, termasuk suruh keperluan," pungkas Dodi, kepada GoRiau.com.***