PANGEAN - Kecepatan jalur Siposan Rimbo RAPP tidak diragukan lagi. Terbukti, jalur andalan masyarakat Pangean Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), berhasil memboyong piala tetap Gubernur Riau pada ajang pacu jalur di Tepian Rajo, Jumat (5/5/2017) sore.

Siposan Rimbo RAPP dibuat pada tahun 2011. Sejak itu, Siposan Rimbo selalu mendulang prestasi gemilang, dua kali juara nasional dan sekali runner up nasional. Belum lagi juara di pacu jalur berbagai ajang, baik uji coba maupun rayon.

Biasanya, kejayaan sebuah jalur hanya bertahan satu atau dua tahun saja. Namun tidak dengan Siposan Rimbo RAPP. Kendati sudah agak berumur, Siposan Rimbo RAPP sampai saat ini masih perkasa.

Ya, seperti Valentino Rossi di ajang balap MotoGP. Valentino 'Si Tua Bangka' Rossi masih gesit mengaspal, meski lawannya silih berganti dari berbagai generasi.

Sejak hari pertama dimulai, tepatnya 3 Mei 2017, Siposan Rimbo mampu menundukkan lawannya. Adalah jalur Bidara Mudha Tuah Nagori dari Desa Pulau Tengah Benai yang menjadi korban pertamanya.

Berlanjut di hari kedua, Siposan Rimbo RAPP langsung ditantang jalur Datuak Panglimo Itam Negeri 9 dari Selunak, Indragiri Hulu. Alhasil, jalur kebanggaan Inhu tersebut harus pulang lebih awal.

Di hari yang sama, pada putaran ke-2, Raja Laut dari Sungai Soriak Kuantan Hilir Seberang merasakan gigitan Siposan Rimbo. Dengan demikian, Siposan Rimbo melaju ke hari ketiga.

Masuk dalam delapan besar di hari ketiga, Siposan Rimbo RAPP harus berhadapan dengan jalur andalan Cerenti, Sijontiak Lawik Pulau Tanamo. Berada di jalan sebelah kiri, Siposan Rimbo mampu memupus jalur Sijontiak Lawik. Dengan demikian, Siposan Rimbo RAPP berhasil meraih tiket ke babak empat besar.

Hasil undian babak empat besar, Siposan Rimbo RAPP langsung bertemu dengan Linggar Jati Adhyaksa Kuansing dari Pulau Kumpai, Pangean. Jalur yang disponsori Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing tak mampu menjinakkan Siposan Rimbo RAPP.

Di laga final, Siposan Rimbo berhadapan dengan jalur Marangin Montiak Tuah Lipai dari Sikakak Cerenti. Marangin Montiak sempat diprediksi akan mengalahkan Siposan Rimbo RAPP. Terlebih saat berpacu, jalur tersebut menempel dengan ketat haluan Siposan Rimbo.

Alhasil, haluan Siposan Rimbo RAPP lebih awal menembus garis finish. Ya, Siposan Rimbo berhak memboyong piala tetap Gubernur Riau, piala bergilir Bupati Kuansing dan piala tetap dari panitia serta uang pembinaan.

"Selamat kepada Siposan Rimbo yang telah meraih juara satu di Tepian Narosa. Tentu ini menjadi motivasi bagi jalur-jalur yang kalah, jangan patah semangat. Harus giat berlatih," ujar Mursini, Bupati Kuansing saat penutupan iven pacu jalur ini.***