AARHUS - Kejutan. Jonathan Christie yang turun di tunggal kedua memastikan Tim Bulutangkis Indonesia merebut Piala Thomas 2020. Jojo, panggilan akrabnya memenangkan pertarungan sengit dengan pebulutangkis China Li Shi Feng dan membawa Indonesia menang 3-0 atas China.

Bermain di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021), pebulutangkis peringkat 7 BWF itu harus bertanding tiga gim melawan pemain China berusia 21 tahun itu. Di gim pertama, Jojo awalnya mudah mendapatkan poin meskipun Li Shi Feng berusaha melakukan perlawanan. Jojo mengakhirinya dengan skor 21-14.

Pada gim kedua, perebut medali Emas Sea Games 2017 itu sempat tertinggal 5-13. Jojo beberapa kali melakukan kesalahan sehingga membiarkan pemain China itu meraup poin dengan mudah.

Jojo terus berusaha menambah angka hingga poin ke-10. Namun, Li Shi Feng terus menekan Jojo. Setelah Jojo terus berusaha mengejar ketertinggalan, Li Shi Feng mengalahkan Jojo dengan skor tipis 21-19.

Saat bermain gim ketiga, Jojo dan Li Shi Feng saling jual beli serangan. Skor mereka sepanjang permainan selalu selisih tipis. Bahkan di paruh permainan Li Shi Feng sempat lebih awal menembus 11 poin. Jojo terus agresif menyerang dan menutupnya dengan skor 21-14.

Sebelumnya, Indonesia unggul 2-0 lewat kemenangan Anthony Sinisuka Ginting atas pebulutangkis China Lu Guangzu dengan skor 2-1 pada partai pembuka. Dan,, Muhamad Rian Ardiyanto/Fajar Alfian yang turun di ganda pertama menang mudah atas lawannya pasangan China He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan skor 21-12 dan 21-19.

Indonesia terakhir meraih Piala Thomas pada tahun 2002. Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tampil di final Piala Thomas 2010 dan 2016. Di Piala Thomas 2010, Indonesia menjadi runner up setelah kalah dari China. Begitu juga tahun 2016 dimana Indonesia kalah dari Denmark. ***