JAKARTA - Ketua Pengurus Provinsi Perkumpulan Binaraga Fitness Indonesia (Pengprov PBFI) Sulawesi Tengah (Sulteng), Wijaya Chandra membenarkan atlet binaraga John Khan yang memiliki nama asli Sarlina Hamza merupakan wanita berasal dari Buol, Sulteng. 

"Ya, saya memang sudah mendapat laporan dari pengurus bahwa  atlet binaraga yang bernama John Khan asal Buol itu memang seorang wanita yang bernama Sarlina Hamza," kata Wijaya Chandra yang dihubungi Gonews.co Group Senin (21/2/2021). 

Menurut Chandra Wijaya, John Khan memang telah tercatat sebagai atlet binaraga yang pernah tampil pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) dan Kejuaraan Nasional Binaraga yang mengundang atlet binaraga negara kawasan Asia Tenggara di Gorontalo 2019. 

"Tadinya, saya tidak menduga John Khan itu seorang wanita. Bagaimana mungkin kita percaya dia wanita. Bentuk tubuhnya saja seperti lelaki. Begitu juga suaranya saat diajak bicara. Kini, dia tercatat sebagai atlet binaraga wanita pertama di dunia tampil di kelompok pria," katanya.  

Diakui Wijaya Chandra yang selama ini menjadi dewan juri, selama ini panitia memang tidak pernah mempertanyakan jenis kelamin dan hanya melihat bentuk tubuh peserta yang mendaftar di kejurda maupun kejurnas. Makanya, dia menyebut John Khan menjadi atlet bunaraga wanita pertama yabg tampil di kelompok pria. 

John Khan yang asli bernama Sarlina Hamza. (Ist)  

"Selama ini kita hanya berpatokan pada postur tubuh saja. John Khan lolos karena bentuk tubuhnya seperti lelaki. Jadi, boleh dibilang John Khan menjadi binaraga wanita pertama dalam sejarah yang tampil di kelompok pria pada Kejurda dan Kejurnas," jelasnya.

Lebih jauh Kepala Bidang Luar Negeri PP PBFI ini menjelaskan, masalah John Khan akan dibicarakan khusus dengan Ketua Umum PP PBFI, Irwan Alwi. Bukan hanya perlu ada pemeriksaan jenis kelamin setiap peserta tetapi dia akan mengusulkan John Khan untuk direkrut menjadi atlet pelatnas binaraga yang akan dipersiapkan untuk SEA Games Hanoi 2021. 

"Saya akan mengusulkan dalam rapar pengurus PP PBFI nanti perlu diadakan pemeriksaan jenis kelamin dalam setiap even. Dan, saya juga meminta agar Jhon Khan direkrut menjadi atlet pelatnas untuk tampil di kelas bebas kategori binaraga wanita pada SEA Games Hanoi 2021. Saya menilai potensinya cukup beras untuk berprestasi jika dibina apalagi. Usianya John Kan itu kan 21 tahun masuk dalam kategori usia muda," tandasnya.  ***