Tentu Anda tidak akan rela jika sesuatu yang buruk menimpa mobil kesayangan, apalagi jika mobil dibeli dari jerih payah sendiri. Karena itulah penting untuk memiliki asuransi kendaraan, sepertiasuransi mobil Astra Garda Oto sebagai menjamin keamanan mobil.

Demi mobil kesayangan, banyak orang rela mengeluarkan uang untuk berbagai keperluan perawatan. Namun, untuk beberapa risiko besar seperti kecelakaan atau akibat bencana alam bisa mendatangkan kerugian yang cukup besar.

Untuk risiko keamanan kendaraan tersebut, Anda dapat mempercayakannya dengan menggunakan asuransi kendaraan. Perusahaan asuransi dapat menanggung kerugian yang menimpa kendaraan sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi kendaraan yang umum dipilih masyarakat, yaitu asuransi All Risk atau comprehensive dan asuransi TLO atau Total Loss Only. Selain kedua jenis asuransi tersebut, mari ketahui jenis-jenis lainnya dalam artikel berikut!

Jenis Asuransi Kendaraan

Jika Anda belum memiliki asuransi untuk kendaraan kesayangan, sebaiknya segera membelinya. Namun sebelumnya Anda harus memahami beragam jenis asuransi kendaraan agar mendapatkan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Pentingnya memilih produk asuransi karena berkaitan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Selain itu dari segi keuntungan, berbeda jenis asuransinya berbeda pula besaran biaya asuransi yang harus dibayarkan.

Agar tidak salah pilih, berikut ini jenis produk asuransi kendaraan yang perlu dipahami perbedaan keuntungannya:

Asuransi All Risk

Seperti namanya, asuransi All Risk merupakan jenis asuransi yang menjamin segala risiko yang terjadi pada mobil.  Disebut juga asuransi komprehensif, asuransi ini dapat melindungi kendaraan mulai dari kerusakan ringan seperti lecet hingga kerusakan berat hingga kehilangan kendaraan.

Besarnya keuntungan yang ditawarkan tentu sebanding dengan beban premi yang harus dibayar nasabah. Biasanya besaran biaya yang harus dibayar mengacu pada jenis dan harga mobil yang akan diasuransikan.

Tentu besarnya biaya sebanding dengan jaminan perlindungan yang Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda dapat merasa aman dan tidak perlu khawatir masalah finansial dari risiko yang bisa menimpa kendaraan.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Berikutnya ada asuransi TLO yang hampir sama dengan asuransi All Risk dengan jaminan secara menyeluruh untuk risiko mobil. Bedanya, asuransi ini dikhususkan untuk mobil yang mengalami kehilangan total.

Maksud dari kehilangan total tersebut, ketika mobil mengalami kerusakan berat, misalkan kerusakan menimpa 75% kendaraan yang mengakibatkan tidak bisa diperbaiki atau digunakan lagi. Hal lainnya jika kendaraan hilang, dicuri atau dirampas dengan bukti yang dapat dipercaya.

Jika kerusakan yang menimpa kendaraan ringan maka perusahaan asuransi tidak dapat memberi jaminan asuransi tersebut. Namun, harga asuransi jenis TLO ini lebih terjangkau di bandingkan asuransi All Risk.

Collision Coverage

Ada juga asuransi mobil yang menanggung risiko kerusakan akibat kecelakaan yang disebabkan kelalaian pengemudi. Asuransi collision coverage bisa digunakan untuk berjaga-jaga terjadinya kecelakaan disebabkan diri sendiri.

Perusahaan asuransi akan membayar biaya kerusakan mobil bahkan memberi ganti rugi sesuai harga mobil. Klaim dapat dilakukan pada pihak asuransi dengan mudah untuk mendapatkan jaminan sesuai ketentuan yang disepakati.

Namun, asuransi ini tidak memberikan jaminan untuk risiko kerusakan karena bencana alam ataupun kehilangan karena pencurian.

Liability Insurance

Hampir sama dengan asuransi collision coverage, asuransi liability ini juga mengcover biaya kerusakan kendaraan akibat kecelakaan. Klaim dapat dilakukan jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraan.

Perbedaan dari kedua jenis produk asuransi adalah jaminan yang diberikan. Asuransi Liability memberikan jaminan tambahan berupa biaya tagihan medis jika terdapat cedera pada pengemudi ketika terjadi kecelakaan.

Personal Injury Protection

Pilihan jenis asuransi kendaraan yang terakhir adalah asuransi personal injury protection disebut juga asuransi PIP. Seperti namanya, asuransi ini memberikan perlindungan khusus pada pengemudi ketika mengalami kecelakaan saat mengendarai mobil.

Selain membiayai kerusakan kendaraan, asuransi ini juga memberikan biaya tambahan sebagai kompensasi dari insiden kecelakaan. Tidak hanya untuk pengemudinya namun juga untuk penumpangnya.

Itu dia beberapa jenis asuransi kendaraan yang dapat dipilih untuk mobil kesayangan Anda. Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan pastinya besaran anggaran yang dimiliki.

Pertimbangkan kemampuan finansial agar membeli asuransi mobil tidak lantas membuat Anda mengorbankan kebutuhan yang lain. Jangan lupa pula membeli asuransi kendaraan pada penyedia asuransi yang terpercaya. ***