BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 15 unit rumah resetlemen, Selasa (16/8/2022) diserahkan Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Wakil Bupati H Sulaiman kepada nelayan di pinggir sungai pabrik Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko.

Penyerahan rumah resetlemen oleh Bupati dan Wabup Rohil didampingi Plt Kadis Perkim Budi Mulya, Kadiskominfotik Indra Gunawan, tokoh masyarakat Azhar Syakban, Camat Bangko Aspri Mulya, Lurah Bagan Hulu. 

GoRiau

Plt Kadis Perkim Budi Mulya mengucapkan terimakasih dari masyarakat penerima kepada Bupati dan Wabup Rohil. ''Masyarakat yang menerima sebanyak 15 unit rumah resetlemen mengucapkan terima kasih atas bantuan rumah ini,'' ujar Budi Mulia.

Pada tahun 2022, Dinas Perkim mengusulkan 30 unit, namun karena keterbatasan anggaran yang terealisasi hanya 15 unit dengan anggaran Rp1,8 miliar yang dibangun dengan sistem terpadu, yakni ada jalan, sumur bor instalasi listrik, dan lain-lain.

"Kami ingatkan penerima bantuan rumah resetlemen agar menjaga dan merawat fasilitas yang tersedia agar kondisinya tetap baik," harap Plt Kadis Perkim Rohil ini.

Sementaa itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, sebelum penyerahan rumah juga sudah dilakukan pengecekan kondisi agar layak huni. ''Ingat rumah ini dibangun dengan kondisi sangat bagus meski ukuran standar, tapi ada sumur bor. Jadi harap dirawat dengan baik,'' ujar Afrizal Sintong.

Dikatakan, bagi yang belum dapat rumah resetlemen, tidak perlu berkecil hati, karena tahun-tahun berikutnya, Pemda Rohil kembali menganggarkan di APBD. ''Masih banyak masyarakat di sekitar kita dalam kondisi butuh hunian, karena keterbatasan anggaran maka pembangunan ini dilakukan bertahap setiap tahunnya,'' ujar bupati.

Ditempat yang sama, Wabup Rohil, H Sulaiman menambahkam bahwa Pemda tetap peduli masyarakat nelayan yang butuh hunian layak. ''Kami meminta masyarakat bersabar, tahun 2023 mendatang, doakan bisa terealisasi lagi,'' tutupnya. (advertorial)