PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Jembatan kayu sepanjang 20 meter di Desa Kepenuhan Barat Sei Rokan Jaya (Seiroja), Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu yang rusak sejak satu tahun terakhir hingga kini belum juga diperbaiki.

Menurut Kepala Desa Kepenuhan Barat Seiroja Muhammad Dain, jembatan rusak kayu yang rusak berada di Kampung Panjang, yakni menghubungkan Dusun Seiroja dengan Dusun Sosial.

''Sudah satu tahun rusak. Dampak rusaknya jembatan, hasil perkebunan masyarakat Kampung Panjang ke Dusun Sosial terpaksa dilangsir menggunakan sepeda motor,'' kata M. Dain seusai melaporkan kerusakan jembatan ke Kantor Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Rohul, Senin (1/12/2014).

Sebagai tanggap darurat, agar jembatan bisa dilalui, belum lama ini masyarakat bahu membahu memperbaiki jembatan. Namun, karena tidak punya dana, alas jembatan dari kayu belum diganti. Sebelumnya, beberapa warga di Kepenuhan Barat Seiroja mengatakan jembatan kayu itu rusak karena tingginya aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas truk pengangkut hasil pertanian masyarakat seperti kelapa sawit.

Menanggapi kedatangan Kades M. Dain, Kabid Prasarana Jalan dari Dinas BMP Rohul mengakui baru bisa memperbaiki jembatan kayu di Desa Kepenuhan Barat Seiroja pada 2015 akan datang.

Menurut dia, jembatan kayu pernah direnovasi oleh dinas, namun kembali rusak karena dimakan usia. Dia minta warga ikut merawat jembatan itu. ''Saat jembatan rusak, warga sebenarnya bisa memperbaiki secara swadaya. Jangan menunggu dinas lagi, sebab kalau menunggu akan butuh waktu lama. Mengingat dana terbatas saat ini,'' pungkas Anton. (ram)