SELATPANJANG - Jemaah Haji Kabupaten Kepulauan Meranti yang tergabung di kelompok terbang (Kloter) 10 BTH telah menyelesaikan ibadah puncak haji, yaitu Wukuf di Arafah. Serangkaian dengan wukuf adalah Mabit di Muzdalifah, Mabid di Mina dan melempar Jumroh Aqabah, Jumroh Ula serta Jumroh Tsani.

Info ini disampaikan langsung Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kepulauan Meranti, H Hasbullah SAg, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/9/2017). "Ya, Alhamdulillah jemaah haji asal Meranti telah selamat sampai ke hotel jam 11.00 WAS (pukul 15.00 WIB, red)," ujar H Hasbullah.

Ditambahkannya, kondisi jemaah selama pelaksanaan Armina (Arafah Muzdalifah Mina, red) secara umum sehat. "Sehat wal 'afiat, bahkan Buk Ramlah Comel Boyak dari Renak Dungun tak jadi Safari Wukuf (wukuf menggunakan ambulance, red), karena kondisinya sudah membaik sehingga bisa dikembalikan ke kloter dan melaksanakan wukuf seperti biasa", ujar H Hasbullah.

Setelah kembali ke Mekkah, kata Hasbullah lagi, jemaah haji akan melaksanakan rukun wajib dan sunah haji lainnya. Setidaknya ada sekitar 14 hari lagi waktu di Mekkah bagi yang untuk menyelesaikan rangkaian ibadah lainnya. "Karena tanggal 17 September 2017 sudah kembali ke tanah air," tambahnya lagi.

Hasbullah berharap jemaah haji dapat menjaga kondisi kesehatan dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan tentu saja mendapat haji yang mabrur. "Sama-sama kita berdoa agar seluruhnya diberi kesehatan hingga kembali ke tanah air," tutup Hasbullah. (***/str)