PEKANBARU - Jelang tahun baru 2020, harga pangan di pasaran mulai beranjak naik, hal tersebut disebabkan karena kurangnya pedagang yang jualan pada saat awal tahun baru 2020.

Pantauan yang dilakukan GoRiau di Pasar Cik Puan Pekanbaru, suasana pasar masih tampak berjalan seperti biasanya, bahan-bahan komoditas pangan masih terlihat mencukupi dan belum ada komoditas pangan yang terbilang langka di Pasar Cik Puan Pekanbaru.

Namun ada beberapa komoditas pangan yang harganya mulai naik menjelang tahun baru 2020 seperti cabai merah, cabai rawit dan bawang merah, hal tersebut pun mulai dikeluhkan oleh masyarakat.

Seperti yang diungkapkan oleh seorang warga bernama Santi ini, ia mengatakan harga sudah naik sejak dua hari lalu.

"Iya bawang merah naik harganya sekarang sudah 30 ribu ke atas di pasar per kilogram nya, biasa 18 sampai 20 ribu per kilo. Selain itu cabai rawit juga naik biasanya sekilo 25 ribu ini sekarang sudah 32 ribu," kata Santi kepada GoRiau.com, Selasa (31/12/2019).

Hal serupa juga disampaikan seorang pedagang cabai di Pasar Cik Puan, bernama Dedi. Ia mengatakan kenaikan harga akan memuncak menjelang dua hari kedepan, hal itu dikatakannya wajar terjadi karena pada hari tersebut pedagang dari luar daerah yang biasa membawa dagangan ke Riau banyak yang tidak beroperasi.

"Cabai 30 ribu normal lah itu, kalau bawang merah memang naik dari 28 ribu sekarang 35 ribu. Tapi dua hari kedepan sudah pasti naik ini karena mobil yang biasa bawa barang kesini berkurang, kan banyak yang liburan, barang ni saya ambil di pasar induk kalau barang disana sedikit tentu harga naik. Bisa jadi besok sudah naik itu," beber Dedi.***