PEKANBARU - Kondisi ruas jalan lintas di Provinsi Riau yang sudah ditemukan banyak lubang dan rusak dikhawatirkan dapat menghambat dan membahayakan pengendara lalu lintas, terutama menjelang arus mudik lebaran pada juni 2018 mendatang. Untuk itu, Pemprov Riau diharapkan dapat segera menggunakan dana pemeliharaan jalan untuk perbaikan.

Anggota Komisi IV DPRD Riau Asri Auzar, Rabu, (11/4/2018), dinas seperti PUPR dan Dinas Perhubungan harus bersinergi dalam mengatasi jalan rusak ini.

"Kita minta Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan, dan dinas - dinas terkait, bersinergi dalam melakukan perawatan, melihat kondisi jalan di Riau yang secepatnya harus diperbaiki. Hampir dua bulan kedepankan kita sudah mau lebaran, nanti masyarakat akan pulang kekampungnya, arus transportasi atau lalu lintas harus aman dan lancara," ungkapnya.

Asri Auzar mengatakan anggaran pemeliharaan jalan seharusnya sudah tersedia, karena dalam perencanaan APBD pertahun sudah ditentukan tersendiri setiap posnya.

"Setiap kabupaten/kota itukan sudah ada dana pemeliharaannya, jadi harap segera dipergunakan. Tidak ada pemotongan, karena kan semua dana itu sudah ada pos-posnya masing-masing, ada perawatan jalan, pembayaran gaji guru juga ada, dan lainnya," ujarnya. ***