SELATPANJANG - Menjelang tibanya perayaan imlek di tahun 2020, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH menggelar silaturahmi dengan tokoh masyarakat Tionghoa di kabupaten termuda di Provinsi Riau.

Kegiatan silaturahmi dipusatkan bertempat di Aula Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Patria Dharma Selatpanjang, Jalan Rumbia, Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Minggu (12/1/2020) malam.

Hadir bersama kapolres, Kasat Intelkam Polres Kepulauan Meranti, AKP Syaiful, Kasat Lantas AKP Teguh Wiyono SH MH, Kapolsek Tebingtinggi, Iptu Aguslan SH, Bhabinkamtibmas Kelurahan Selatpanjang Kota, Brigadir Hendiyanto SH, Ketua PSMTI Kepulauan Meranti Aan, ketua panitia pelaksana kegiatan Imlek 2020 Tujuan An, Ketua Yayasan Sosial Umat Beragama Buddha (YSUBB) Selatpanjang, Ing Lei, Pengurus Vihara se-Kepulauan Meranti serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Imlek 2020, Tujuan An SH, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan silaturahmi dari kaum Tionghoa khususnya beragama Buddha bersama dengan Kapolres Kepulauan Meranti berserta anggota pihak kepolisian Polres Kepulauan Meranti.

"Diharapkan juga kegiatan ini dapat memupuk rasa kebersamaan dari masyarakat Thionghoa Kabupaten Kepulauan Meranti bersama dengan pihak kepolisian khususnya Polres Kepulauan Meranti," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, mengungkapkan bahwa selaku Kapolres Kepulauan Meranti yang baru meminta kepada seluruh masyarakat Tionghoa Kabupaten Kepulauan Meranti untuk dapat bersama-sama meningkatkan dan menjaga sitkamtibmas serta membantu tugas Kepolisian di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Kepulauan Meranti saya menghimbau kepada seluruh hadirin dalam hal ini masyarakat Tionghoa untuk bersama-sama dapat memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Kemudian, kata Taufiq, terkait dengan karhutla semua mengetahui hampir sebagian besar dari masyarakat Tionghoa di Kabupaten Kepulauan Meranti ini mempunyai kebun Sagu.

"Saya mengimbau dalam hal ini bagi yang mempunyai karyawan agar sama-sama mengingatkan terhadap antisipasi dari karhutla ini dengan cara tidak membakar lahan sagu secara sembarangan, dan menyediakan alat pemadaman apabila terjadinya kebakaran lahan pada kebun sagu tersebut," ingatnya.

Selanjutnya, berkaitan juga dengan persiapan dalam menyambut Imlek tahun 2020, pihak kepolisian siap melakukan pengamanan dalam kegiatan yang berskala besar tersebut.

"Kita mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas yang dapat saja terjadi pada kegiatan tersebut," pungkasnya.***