BAGANSIAPIAPI - Jelang peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-22 berdirinya Kabupaten Rokan Hilir, Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi istri yang sekaligus Ketua PKK Rohil Saminar serta Wakil Bupati H Sulaiman SS, MH melakukan anjangsana sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada tokoh-tokoh perjuangan pembentukan Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Sabtu (2/10/2021).

Seperti yang dilakukan bupati di kediaman H Yan Faisal, mantan wartawan Riau Pos Group yang kini bergabung dengan GoRiau.com. Yan Faisal merupakan salah satu tokoh pembentukan Kabupaten Rohil yang gigih memperjuangan pembentukan kabupaten Rokan Hilir dari jalur media. 

GoRiau Bupati Rohil Afrizal Sintong d
Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi istri yang sekaligus Ketua PKK Rohil Saminar serta Wakil Bupati H Sulaiman SS, MH meilhat koleksi karya jurnalis di rumah H Yan Faisal.

Saat perjuangan pembentukan Kabupaten Rokan Hilir, H Yan Faisal juga dipercaya sebagai Seksi Humas dan Dokumentasi Komite Perjuangan Pembentukan Kabupaten Rokan Hilir (KPPKRH) tahun 1999 yang dipimpin Amran Rambah sebagai Ketua dan H Ramli Haraffie sebagai Sekretaris Komite.

Selain H Yan Faisal beberapa nama juga dikunjungi bupati seperti di kediaman Suryani Alwi, Azhar A (Lipek), M Syahdan, Usman Suil, Hasanudin SH (Ridayanti SH), Mashur, Tabrani dan Wesde. 

GoRiau Bupati Rohil Afrizal Sintong d
Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi istri yang sekaligus Ketua PKK Rohil Saminar serta Wakil Bupati H Sulaiman SS, MH foto bersama dengan keluarga H Yan Faisal.

Afrizal Sintong saat menyerahkan piagam penghargaan menyebutkan, HUT ke-22 Rohil jatuh pada tanggal 4 Oktobet 2021 dan akan ditandai dengan sidang parpurna istimewa DPRD Rohil. Namun masih pandemi Covid-19, undangan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

''Jadi pada kesempatan ini, saya bersama wakil bupati mendatangi perwakilan sekaligus menyerahkan piagam penghargaan untuk tokoh-tokoh komite pembentukan Kabupaten Rokan Hilir,'' ujar Afrizal Sintong.

Sementara itu Wabup Rohil H Sulaiman SS, MH juga menyerahkan bingkisan kepada Hj Nenny Yan Faisal, "Semoga ada manfaatnya dan teruslah berbuat untuk memberikan buah pikiran, motivadi demi kemajuan Rohil kedepannya,'' ucap Wabup Rohil.

Sementara itu H Yan Faisal dan istri Hj Nenny Yan Faisal mengucapkan terimakasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Ketua PKK Rokan Hilir yang sudah bersedia berkunjungan ke kediamannya.

''Ini perjuangan kita bersama. Kita bersatu padu berjuang saat itu agar Rokan Hilir berdiri sendiri sebagai kabupaten. Dan Alhamdulillah, perjuangan itu tidak sia-sia, dan sekarang kita bisa memajukan daerah kita dengan kekuatan dan kemampuan yang kita miliki. Mudah-mudahan kedepan Rokan Hilir akan lebih maju lagi,'' ungkap Yan Faisal.

Pada kesempatan itu, rombongan Bupati, Wabup dan Keua Penggerak PKK Rohil juga menyempatkan diri melihat foto-foto lama, barang-barang elektronik penunjang kerja wartawan seperti handphone lama, kamera foto, kamera vidio, kliping tulisan, serta koleksi pakaian berlogo perusahaan tempat dimana mantan Pendiri dan Ketua PWI Perwakilan Rohil pertama itu. Bahkan Bupati didampingi istri dan Wabup kaget melihat koleksi mesin ketik Royal dan koleksi lainnya di perpustakaan mini yang ada di kediaman putra kelahiran Bagansiapiapi 14 Januari 1969 itu.

Ikut hadir pada rombongan Bupati dan Wabup Rohil, Asisten Tata Praja Ferry Hendra Faria, Camat Bangko Raja Rijalul Fikri SE dan Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH. ***