MAKKAH - Seperti yang sudah direncanakan hari ini Jumat (8/8/2019), Jamaah Calon Haji (JCH) Kloter 6 Embarkasi Antara Pekanbaru bertolak ke Arafah. Keberangkatan JCH mulai pukul 9.00 waktu setempat.

"Saat ini Jumat 8 Zulhijah 1440 H Jamaah Calon Haji Meranti bergerak ke Arafah untuk melaksanakan Rukun Haji Wukuf di Arafah," jelas Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH berdasarkan Informasi dari TPHD Meranti Ustadz Mustafa dari Makkah, Arab Saudi.

Lebih jauh disampaikan Hery, Wukuf di Arafah akan digelar pada tanggal 9 Zulhijah 1440 atau Sabtu10 Agustus 2019 esok.

Untuk melaksanakan Wukuf ini dikatakan Ketua TPHD Meranti pihaknya bekerjasama dengan TKHI dan pendamping lainnya telah melakukan cek kesehatan dan bimbingan. Diharapkan saat pelaksanaan nanti tidak ada kendala berarti.

"Dua hari yang lalu kita telah melakukan bimbingan dan cek kesehatan seluruh jamaah. Alhamdulillah sudah selesai dan sejauh ini rombongan Jamaah Meranti berada dalam keadaan sehat wal afiat," ujarnya.

Seperti diketahui, Tanggal 9 Agustus 2019 mendatang merupakan puncak ibadah haji, dimana JCH dari seluruh penjuru dunia akan menuju Arafah, Mina dan Muzdalifah untuk melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina. Dengan kondisi Armuzna yang cukup terik disiang hari tentunya dibutuhkan fisik dan kesehatan yang baik.

Ditambah lagi jika selama ini jamaah tinggal di hotel dengan fasilitas yang serba dipenuhi sementara di Armuzna jamaah tinggal di tenda-tenda dengan fasilitas yang serba terbatas seperti toilet/WC dan lainnya. Selain itu disebutkan jamaah juga harus menempuh perjalanan jauh menuju Jamarat untuk jumrah.

Meski begitu dari keterangan TPHD Meranti Ustadz Mustafa, seluruh THPHI dan TKHI akan dikerahkan untuk mendampingi seluruh jamaah haji Indonesia. 

Seperti pengalaman tahun 2018 lalu sebanyak 3000-an petugas dikerahkan para petugas akan melayani jamaah selama puncak haji. Mereka akan mempersiapkan kebutuhan jamaah untuk wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina.

Dan untuk menghadapi ibadah haji di Armuzna tersebut, dari bimbingan haji dan bimbingan kesehatan yang dilakukan oleh TPHI dan TKHI khusus untuk JCH Meranti tidak ada masalah.

"Sejauh ini kesehatan JCH Meranti berada dalam kondisi baik, dan telah pula mendapat pembekalan ibadah, semoga saat melaksanakan ibadah nanti tidak ada masalah," harap Ustadz Mustafa mengakhiri. (rls)