SIAK SRI INDRAPURA - Keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Siak dijadwalkan pada 3 Agustus 2016. Ada sekitar 253 orang lagi JCH Siak yang akan diantarkan ke embarkasi Batam, karena sebelumnya 1 orang JCH meninggal dunia.

Sekda Siak, Tengku Said Hamzah pada pembukaan manasik haji, Senin (10/7/2017) tadi malam di Asrama Sultan Yahya menyampaikan kepada para JCH agar lebih baik fokus pada persiapan fisik, mental dan tetap menjaga kesehatan serta menambah pengetahuan tentang pelaksanaan ibadah haji.

“Saya minta para JCH focus saja pada persiapan, seperti fisik, mental dan pengetahuan tentang Haji. Sampaikan maksud sesuai dengan tujuan kita kesana untuk melaksanakan ibadah dan kembali sebagai haji mabrur,” ujar Tengku Said Hamzah mewakili Bupati Siak.

Terkait dengan pelaksanaan bimbingan manasik haji, kata Tengku Said Hamzah, kegiatan tersebut merupakan proses persiapan yang sangat penting dalam mempermudah perjalanan ibadah haji.

"Ikutilah bimbingan Manasik haji ini dengan sebaik mungkin, jangan malu untuk bertanya kepada narasumber. Karena ini semua berhubungan langsung dengan apa yang akan kita laksanakan disana nanti," harap Sekda agar JCH Siak selalu sehat, santun, mandiri dan menjadikan haji yang mabrur.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Siak H.Muharrom mengatakan, manasik haji Kabupaten Siak ini dilaksanakan atas dasar keputusan Dirjen PHI No161 Tahun 2017, dengan sumber dana dari APBN dan dana dari APBD Kabupaten Siak.

"Manasik ini sudah diawali dengan manasik mandiri yang inisiatif dari masing Kecamatan, namum teputus dan dimulai dengan manasik kecamatan serta manasik kabupaten sebanyak 2 kali" Ucap Muharom.

Lanjutnya, 253 orang yang akan diberangkatkan, termasuk petugas PPH haji H Sofwan saleh dan PKHI Dr Hendri kepala Puskesmas Mempura, PPHI ketua keloter Drs Sahrudin dari Kemenag Provinsi Riau, Pembimbing ibadah haji H. Muhyarudin. ***