PEKANBARU, GORIAU.COM - Tim Jawa Tengah dipastikan akan berhadapan dengan Papua pada babak final cabang olahraga Futsal Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XIV yang akan berlangsung di Hall Basket Sport Centre Rumbai, Kamis (11/10/2012).

Kepastian ini didapat setelah di semi final mereka berhasil mengalahkan Kalimantan Selatan dengan skor 10-8, sementara Papua yang lebih dulu mengantongi tiket ke final menang adu pinalti 3-2 setelah diwaktu normal bermain imbang 1-1.

Partai semi final pertama di Hall A Sports Center Rumbai, Rabu (10/10/2012), Kalsel yang diasuh Edi Susanto dibabak pertama berhasil memimpin lewat gol M Y Hernanda dimenit ke-17. Kemenangan Kalsel bertahan sampai turun minum.

Usai restart,Papua yang telah tertinggal mencoba melakukan serangan. Namun serangan bergelombang dan bertubi-tubi tersebut masih mampu diantisipasi anak-anak Kalimantan Selatan.

Empat menit jelang bubaran, akhirnya serangan yang dibangun Lukas Yowey membuahkan hasil. Albert Kafiar menjadi pahlawan tanah Cendrawasih. Kedudukan pun berubah 1-1. Hasil imbang ini bertahan sampai wasit Lutfi meniupkan peluit akhir.

Sementara itu parta semifinal kedua yang mempertemukan tim favorit juara Jawa Tengah kontra Kalimantan Timur juga tidak kalah seru.Terbukti hasil akhir pertandingan sampai mencapai skor 10-8.

Tim Futsal Jawa Tengah asuhan Suwardi yang sehari sebelumnya mengalahkan tuan rumah Riau, sejak menit awal langsung tampil menekan. Budi Setyo cs langsung melancarkan serangan dengan formasi 1-2-1 yang mengobrak-abrik pertahanan Samsudin cs.

Menit ke 13 Budi Setyo mencetak gol pertama Jateng. Gol ini membangkitkan semangat anak-anak Jateng. Namun kedudukan tersebut hanya bertahan sampai menit ke 19, karena Eko Hartono kapten futsal tim Borneo mampu melesakkan gol penyeimbang.

Jual beli seranganppun terus berlangsung, kedua tim saling jegal untuk meraih yang terbaik. Bahkan permainanpun menjurus kasar sehingga pemain Kaltim Samsudin dihadiahi kartu kuning karena menghentikan pergerakan Budi Setyo yang mencetak lima gol pada pertandingan tersebut. Dibabak pertama Jawa Tengah berhasil menutup papan skor 3-1.

Dibabak kedua tim Futsal kalimantan Timur asuhan Nur Hendra yang tertinggal mencoba bermain menyerang untuk mengejar defisit gol.Bukannya berhasil malah gawang Krispriyo harus kembali kebobolan yang membuat kedudukan menjadi 4-1.

Namun selang satu menit kemudian Kalimantan Timur melalui Zulkarnaen mampu memperkecil ketertinggalan. Dua gol berhasil disarangkannya menit 22 dan 23.Kedudukan menjadi 4-3.

Jawa Tengah yang merasa terancam dengan skor tersebut langsung melakukan time out untuk merubahkan strategi. Hasilnya Budi Setyo berhasil menambah tiga gol, Budi Setiadi dua gol dan Indriato pemain pengganti satu gol. Sehingga semakin menjauhkan skor menjadi 10-3 untuk Jawa Tengah.

Ketinggalan tujuh gol tidak membuat Eko Hartono cs down. Buktinya anak asuh Nur Hendra tetap bermain terbuka dan berani bermain menyerang.Hasilnya Guntur mampu mencetak satu gol, Eko hartono dua gol dan Zulkarnaen satu gol. Kedudukkan 10-8 buat kemenangan Jawa Tengah ini bertahan sampai pluit akhir.

Kemenangan ini mengantarkan Jawa Tengah ke partai puncak menghadapi Papua memperebutkan medali emas Futsal, sementara Kalimantan Timur akan bertemu dengan tim futsal Kalimantan Selatan.

Namun kemenangan tim futsal Jawa Tengah harus dibayar mahal, pasalnya pemain andalannya Budi Setiadi diganjar kartu merah dan dipastikan absen pada laga penentuan nanti. (nti/rsc)