PANGKALAN KERINCI – Pembangunan ruas jalan bebas hambatan (jalan tol) yang membentang antara Kota Pekanbaru - Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), akan melewati wilayah Kabupaten Pelalawan.

Jalan tol, nantinya akan melintasi wilayah Kabupaten Pelalawan sepanjang 110 kilometer (Km).

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih mematangkan penetapan lokasi (Penlok) proyek pembangunan jalan tol bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab), salah satunya Kabupaten Pelalawan.

Mengingat jalan bebas hambatan yang tergabung dalam seksi Rengat-Pekanbaru akan melintasi Kabupaten Pelalawan sepanjang kurang lebih 110 kilometer.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perancana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pelalawan, T Zulfan, Selasa (24/5/2022) mengatakan, pihaknya telah menyampaikan usulan tiga titik lokasi exit tol di Pelalawan.

"Pak bupati minta untuk exit tol di Pangkalan Kerinci berada di sekitar Km 5 Pangkalan Kerinci, kemudian di Bunut dan Kerumutan," sebutnya.

Ada sejumlah alasan terkait usulan exit tol tersebut, lebih lanjut Zulfan menjelaskan, untuk exit tol di Km 55 Pangkalan Kerinci akan lebih memudahkan koneksi dengan Kabupaten Siak.

"Kita juga nambah usulan untuk penambahan exit tol di Kerumutan. Kita memandang karena disana ada banyak objek wisata, ada Suaka Margasatwa Kerumutan juga TNTN," ujar Zulfan.

Kemudian usulan exit tol di Bunut dengan pertimbangan banyaknya perusahaan atau pabrik kelapa sawit di wilayah tersebut yang mengangkut CPO menuju Dumai, dengan adanya exit toll truk CPO bisa langsung masuk melalui exit tol Bunut.

"Itu kan ada beberapa industri sawit yang otomotis mobil CPO mereka ini sebagian besar menuju Dumai, termasuk industri sawit dari Bunut dan Kerumutan menuju Dumai," paparnya.

Saat ini, Kementrian PUPR masih melakukan kajian. Setidaknya pada akhir tahun 2022 sudah dapat dilakukan penetapan lokasi.

"Untuk hasilnya, mereka diakhir tahun ini mau penetapan lokasi, jadi disitu nanti akan mereka putuskan. Sekarang mereka sedang mengkaji," pungkas Zulfan, kepada GoRiau.com.***