JOMBANG - Ribuan umat Islam di Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar shalat Idul Fitri 1441 H, di jalan desa tersebut, Ahad (24/5/2020) pagi.

Mereka shalat Id berjamaah di jalan karena mematuhi protokol kesehatan, yakni menjaga jarak, untuk mencegah penularan virus corona.

Dikutip dari Inews.id, antar jamaah dijarakkan 1 meter, sehingga saf jamaah mengular hingga sekitar 1 kilometer.

Setiap jarak 100 meter terdapat pengeras suara, agar suara imam dan khatib terdengar oleh seluruh jamaah hingga di bagian belakang.

Pantauan iNews, para jamaah tampak khidmat menunaikan shalat Id. Setelah selesai shalat, jamaah dengan khusuk mendengarkan khutbah. 

Ketua Takmir Masjid Al Falah KH Ali Mas’ad mengaku sengaja menggelar shalat Id di jalan karena ingin mematuhi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. Jika dilaksanakan dalam masjid dengan jarak antarjamaah satu meter, dikhawatirkan ruangan tidak akan cukup dan justru warga berjubel.

''Insya Allah ada 2.000-an warga yang ikut salat Id ini. Kami buat seperti ini untuk mengikuti anjuran pemerintah. Kalau di masjid kan bisa berjubel-jubel, jadi kami sebagai takmir masjid menggelar shalat Id di jalan dengan saf memanjang,'' ujarnya, Ahad (24/5/2020).***