SIDOARJO - Persipura Jayapura akan menjamu Tira Persikabo di pekan ke-22 Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (2/10/2019). Persipura tidak ingin lengah walau tim tamu dalam tren yang negatif.

Tira Persikabo kini memang tidak sedang dalam bentuk permainan terbaiknya. Klub dengan julukan Laskar Padjadjaran tersebut gagal menang dalam enam laga terakhirnya di Liga 1 2019.

"Kita tidak boleh menganggap remeh tim lawan karena mereka telah menunjukkan potensi yang mereka punya," kata pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago.

Kendati performa sedang menurun, Jacksen lebih fokus melihat sisi positif dari Tira Persikabo. Pada awal musim, tim besutan Rahmad Darmawan tersebut tampil bagus dan sempat berada di puncak klasemen.

"Kita harus fokus terhadap apa yang mereka capai dan harus waspada momen mereka untuk bangkit. Jangan sampai kami menjadi pelampiasan mereka," ucap pelatih asal Brasil.

Bahkan, dari sudut pandang yang paling sederhana sekalipun, Jacksen merasa Tira Persikabo bukan tim sembarangan. Mereka kini berada di posisi ke-2 klasemen Liga 1 2019. Sedangkan, Persipura ada di posisi ke-7.

"Saat ini mereka masih ada di atas kita. Jadi, saya pikir itu sudah cukup bahan untuk membuat kita termotivasi menghadapi mereka," kata Jacksen lagi.

Lebih lanjut, pelatih yang pernah menangani Barito Putera itu melihat Tira Persikabo hanya sedang mengalami siklus menurun saja. Ketika mendapat momen untuk bangkit, maka mereka akan melaju kencang seperti yang kini dijalani Persipura.

"Sebenarnya kondisi yang mereka alami saat ini tidak jauh dari yang dialami Persipura di awal musim. Mungkin siklusnya mereka harus seperti itu dan kami awali itu di awal musim," kata Jacksen. ***