SIAK - Dalam panen raya di Kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak, Riau, ada beberapa point yang menjadi catatan Bupati Siak, Alfedri. Pertama soal peningkatan jalan Panca Karya dan kedua peningkatan Irigasi untuk area persawahan.

Dikatakan Alfedri, dalam acara panen raya perdana itu, ia juga membawa Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tarukim Siak Irving Kahar untuk meninjau jalan yang akan diusulkan warga untuk ditingkatkan.

"Katanya tadi kondisi saat ini sudah dibase, cuma kalau hujan bencek dan kalau panas berdebu. Apalagi di sini ada sekolah, kasihan anak-anak kalau kondisinya masih seperti sekarang. Makanya kita bawa Kadis PU untuk meninjaunya dan memasukan ini dalam usulan tahun depan," ujar Bupati yang jago menjala ikan di sungai ini, Jumat (24/7/2020).

Selanjutnya, kata Alfedri, untuk jaringan irigasi di Kecamatan Sabak Auh ini juga sudah masuk dalam usulan melalui Dinas Pertanian Siak yaitu saluran tersier.

"Cuma perlu pengertian masyarakat setempat untuk dapat menghibahkan sedikit tanahnya untuk membuat saluran air ini agar air bisa mengalir ke sawah. Kalau warga mau menghibahkan tanahnya, program dari Provinsi dan Pusat pun akan dijemput oleh Dinas Pertanian," kata Alfedri.

Penghulu Kampung Laksamana, Misbah memuji Bupati Siak Alfedri yang sangat komitmen dengan pembangunan infrastruktur di kampung-kampung. Bahkan sejak menjadi wakil Bupati saja, Alfedri selalu menyerap aspirasi masyarakat.

"Untuk pertanian saja, sejak beliau menjadi wakil Bupati, sudah selalu membantu kami petani di Kampung Laksamana ini. Makanya kami yakin saat menjadi Bupati, dia juga akan tetap membangun hingga ke kampung-kampung," kata Misbah.

Penghulu Kampung Laksamana itu juga menitipkan pesan agar Dinas PU Tarukim dapat merealisasikan harapan warga yang ingin Jalan Panca Karya dihotmix.

"Kami tidak pernah bosan mengusulkan agar jalan Panca Karya ini diaspal. Demi anak-anak kami yang bersekolah di SMP N 3 Sabak Auh ini. Kasihan mereka jika hujan, susah lewat karena becek dan berdebu jika panas," tutur Misbah. ***