SELATPANJANG - Dua belas desa menyampaikan usulan pembangunan saat Musrenbang tingkat Kecamatan di Rangsangpesisir. Usulan itu disampaikan di hadapan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim dan beberapa pejabat lainnya.

Adapun beberapa usulan dari tiap desa se Kecamatan Rangsangpesisir antara lain;

Desa Telesung menyampaikan permasalahan status lahan yang menyulitkan pengusulan pembangunan karena berada di wilayah lahan Tanahmerah. Pembangunan itu antara lain, pembangunan SD dan SMP, serta rehab Postu peninggalan Bengkalis.

Desa Sendaur mengusulkan penetapan status Ibukota Kecamatan yang berkaitan dengan terjadinya tarik ulur pembangunan Kantor Kecamatan.

Desa Kayuara mengusulkan pegadaan meja dan kursi untuk SD 08 Kayuara yang dinilai sudah tidak layak lagi. Kemudian pihak desa juga menginginkan adanya ambulan laut, dan pelabuhan Kecamatan Rangsangpesisir.

Desa Tanahmerah mengusulkan prioritas pembangunan untuk mengatasi abrasi sepanjang 6 KM yang saat ini baru direalisasikan sepanjang 2 KM. Pihak desa juga mengusulkan pembangunan Bumdes dan Koperasi, serta perkebunan dan perikanan untuk diberikan bantuan dana.

Desa Sonde mengusulkan penambahan jalan arah kelaut sepanjang 900 M.

Desa Tenggayunraya mengusulkan program pembangunan Kawasan Agro Wisata dengan meminta seluruh dinas keroyokan. Saat ini untuk membuat kawasan Wisata Agro, Desa Tenggayun telah mendapat bantuan 500 batang bibit Durian Montong. Kedepan mereka akan membuat kawasan Wisata Agro lainnya dan membeli bibit buah, selain durian.

Desa Tanjungkedabu mengusulkan pembangunan cabang SD jauh dan pembangunan jalan.

Desa Beting pembangunan Tanggul penahan abrasi dan jalan Base Beting-Sokop.

Desa Sokop mengusulkan dibangun pabrik turunan kelapa, karet dan sagu. Hal itu perlu disegerakan untuk meningkatkan nilai ekonomis, serta pembangunan jalan.

Desa Kedaburapat mengusulkan pembangunan turap, rehab jalan, gedung SD, pembangunan Puskemas rawat inap. Kemudian mereka juga minta solusi promosi kopi serta upaya mengatasi abrasi.

Desa Bungur mengusulkan pembangunan kolam ikan, udang, pengadaan sampan nelayan kecil, dan

Desa Binasempian mengusulkan peningkatan ekonomi kerakyatan, mengatasi abrasi diperkebunan kopi yang sering terendam banjir, semenisasi, renovasi sekolah, tanggul pantai, serta rumah layak huni.

Saat Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir tahun 2017 ini, hampir sama dengan apa yang diprioritaskan oleh kecamatan lainn. Dimana, usulan berkisar pada pembangunan infrastruktur jalan, sekolah, fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan penahan Abrasi.

Hal itu sempat disampaikan oleh Camat Rangsangpesisir H Idrsi Sudin. Kata Idris Sudin, secara garis besar yang menjadi skala prioritas pembangunan di kecamatan yang dipimpinya meliputi infrastruktur jalan, rumah layak huni, jaringan listrik serta jembatan di Desa Sonde. Kemudian, dikatakan Idris Sudin lagi, khusus untuk mengatasi abrasi, pihaknya akan memperoleh dana bantuan APBN sebesar Rp6 M. Dana itu akan digunakan untuk menahan abrasi sepanjang lebih kurang 2 KM. (rls)#Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini