BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis menargetkan sejumlah capaian pembangunan pada tahun 2019 mendatang. Untuk mencapai target tersebut Pemkab mengharapkan masukan dan saran dari masyarakat melalui Forum Konsultasi Publik yang digelar di aula Bappeda Bengkalis, Rabu (14/2/2018).

Dalam pertemuan yang dihadiri utusan OPD, LAM Riau Kabupaten Bengkalis, PWI, LSM, kalangan akademisi dan kelompok masyarakat lainnya itu, Kepala Bappeda Bengkalis, H Jondi Indra Bustian menyampaikan, tema pembangunan Kabupaten Bengkalis tahun 2019 adalah 'Percepatan Pembangunan Wilayah Cepat Tumbuh'.

Adapun arah prioritas pembangunan meliputi pengembangan infrastruktur pendukung empat gerbang; intensifikasi produktifitas sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan pendukung ekonomi masyarakat; pengembangan kualitas pendidikan dan kesehatan.

Kemudian peningkatan kualitas berusaha masyarakat dan peningkatan kualitas pencaria kerja dan pekerja tempatan; peningkatan keserasian pengelolaan lingkungan hidup dan kebencanaan; serta peningkatan kehidupan beragama dan pelestarian nilai-nilai kearifan lokal dalam rangka mensukseskan pemilihan umum dan pemilihan presiden.

Jondi mengatakan, isu utama dalam pelaksanaan pembangunan 2019 mendatang adalah infrakstruktur makro terkait dengan pelaksanaan kegiatan tahun jamak. Kegiatan ini menjadi isu utama karena membutuhkan dana yang sangat besar untuk penyelesaiannya.

''Sekarang baru kita merasa APBD Kabupaten Bengkalis yang besar, ternyata tidak cukup untuk membenahi infrastruktur di Kabupaten Bengkalis,'' katanya seraya menambahkan kalau pelaksanaan kegiatan tahun jamak mutlak harus dilakukana untuk mengejar ketertinggalan.

Isu utama lainnya ujar Jondi adalah pendapatan daerah terkait dengan efisiensi belanja daerah. Kemudian pembangunan ekonomi bidang pertanian perikanan dan perdagangan. Di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi isu utama adalah kualitas SDM dan derajat kesehatan, sementara di bidang tenaga kerja terkait dengan kulitas serta perlindungan tenaga kerja.

Jondi mengatakan, lingkungan hidup juga menjadi isu utama terkait dengan keseimbangan pembangunan. Kemudian kesiagaan bencana terkait dengan karhutla dan abrasi; agama dan budaya dengan penekanan pada pelestarian kearifan lokal serta pemilu yang berkaitan dengan partisipasi serta konflik.Pemerintah Kabupaten Bengkalis menargetkan sejumlah capaian pembangunan pada tahun 2019 mendatang.

Untuk mencapai target tersebut Pemkab mengharapkan masukan dan saran dari masyarakat melalui Forum Konsultasi Publik yang digelar di aula Bappeda Bengkalis, Rabu (14/2/2018).*** #BENGKALIS