PEKANBARU - Pria nekat pemanjat Tugu Zapin Pekanbaru, Riau yang aksinya sempat bikin geger masyarakat mengaku bernama Saparuddin Hasibuan, berasal dari Rantau Perapat, Sumatera Utara (Sumut). Ia ternyata masih muda, yakni berusia 21 tahun.

Saat ini, Saparuddin sudah dibawa petugas ke Mapolsek Pekanbaru Kota, setelah aksi nekatnya memanjat dan beratraksi 'gila' di Tugu Zapin. GoRiau.com sempat menanyakan apa alasan Udin (Nama panggilannya, red) sampai berbuat demikian.

"Saya kecewa sama dia (Sambil menunjuk-nunjuk ke kantor Dinas Sosial yang berjarak beberapa ratus meter dari Tugu Zapin, red)," jawabnya saat ditanya apa alasannya berbuat demikian, bahkan sampai dua kali. "Banyak orang gila di sana," teriak Udin.

Entah apa yang ia maksud, namun Udin terus saja menceracau sambil bertingkah laku kurang wajar. Sesekali Udin melipat tangan ke samping kepala seperti sedang hormat bendera, lalu merentangkan tangan.

Dia mengaku ke Pekanbaru untuk mencari keluarganya yang Udin sendiri tidak tahu di mana. Bahkan dirinya tidak tahu, bagaimana bisa sampai ke sini, dari kampungnya di Rantau Perapat, Sumut.

Aksi Udin begitu nekat, ia naik ke atas kepala patung Tugu Zapin yang jadi Ikon Kota Pekanbaru. Ia sempat push up, bergelantungan di tangan patung dan duduk tanpa alat pengaman atau berpegangan. Bahkan berjoget-joget.

Aksi pertama yang dilakukannya sempat dihentikan petugas. Tak lama kemudian ia kembali lagi lalu melakukan perbuatan serupa, hingga akhirnya dibujuk turun, dengan dirayu menggunakan uang Rp20 ribu.

Kapolsek Pekanbaru Kota Kompol Hanafi menuturkan, pagi tadi (Saat aksi pertamanya, red) kepolisian sudah menyerahkannya ke Dinas Sosial. "Orang yang sama kita amankan kembali siang, dan akan kita bawa kembali ke Depsos serta meminta penjelasan mereka," jawabnya. ***