JAKARTA -- Tiga anggota kepolisian dilaporkan hilang setelah kapal patroli Kepodang-5001 milik Polairud karam di perairan Pulau Tibi, Kabupaten Tanah Tidung, Kalimantan Utara, Sabtu (8/8/2020) malam.

Dikutip dari Inews.id, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Ahad (9/8/2020) mengungkapkan, tiga anggota Ditpolairud yang belum diketemukan itu adalah Brigpol Ivan Bilasman, Bharatu Yoseph Arianto dan Bharatu Donni Budi Santoso. Sedangkan tiga polisi selamat yakni Bripka Ujang Walia (Pema KP Kepodang), Brigpol Amrullah (ABK) dan Bharada Rivaldi U'jae.

Kapal Patroli Kepodang-5001 tenggelam dihantam gelombang saat melakukan patroli di perairan Pulau Tibi pada Sabtu (8/8/2020) malam. Kapal berangkat pada pada pukul 20.00 Wita dari markas di Kaltara.

Tim Kepodang-5001 yang dipimpin oleh Bripka Ujang beserta lima personel lainnya melaksanakan patroli rutin di sekitar perairan Juata ke arah Pulau Tibi dengan menggunakan speedboat berwarna abu-abu dengan mesin tempel 40 PK.

Pada pukul 23.00 Wita cuaca memburuk di sekitar perairan Tarakan Utara. Pada Minggu (9/8/2020) pukul 00.00-06.30 Wita petugas piket kehilangan kontak dengan tim patroli.

Anggota Ditpolairud Polda Kaltara Bripka Made Bilantara pada Minggu pagi mengecek posisi tim patroli. Ternyata speedboad tim patroli belum bersandar.

Atas dasar itu dia berinisiatif mengontak Bripka Ujang. Dari perbincangan tersebut Ujang melaporkan telah mengalami kecelakaan di perairan Pulau Tibi. Dia pun mengirimkan lokasi kecelakaan.

Mendapatkan laporan tersebut Dirpolairud Polda Kaltara segera memerintahkan personel Ditpolairud Polda Kaltara dan iersonel KP Kepodang untuk melaksanakan pencarian dan penyelamatan terhadap KP Kepodang 500-1. Sebanyak 12 personel bergerak.

Pada pukul 08.00 Wita, tim SAR menemukan tiga anggota tim patroli KP Kepodang dalam kondisi sehat. Sedangkan tiga anggota polisi lainnya masih dalam pencarian. ***