DURI - Tingginya elektabilitas Tokoh Masyarakat Riau, Drs H Syamsuar MSi menjadi salah satu alasan Ikatan Persaudaraan Tionghoa Mandau (IKPTM) untuk satukan dukungan kepada Bupati Siak dua periode ini maju pada Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua IKPTM, Akiong kepada GoRiau.com usai temu ramah dengan Bupati Siak, Drs H Syamsuar di Pondok Biru, Jalan Hangtuah Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Riau, Minggu (10/9/2017).

"Survei Elektabilitas Tokoh Riau untuk Calon Bakal Gubernur Riau 2018-2023 menyatakan bapak Syamsuar paling tertinggi. Dan itu juga kita lihat dari keberhasilannya dalam membangun Siak selama 2 periode. Kita masyarakat juga ingin ada perubahan yang lebih baik untuk Riau pada umumnya dan Mandau pada khususnya. Makanya kita satu suara untuk memberikan dukungan kepada beliau," kata Akiong didampingi sejumlah pengurus IKPTM.

Menurut Akiong, sebagai masyarakat yang terus mengikuti perjalanan karier Bupati Syamsuar, tokoh unggulannya itu akan mendapat dukungan penuh dari masyarakat 145 Kecamatan se Provinsi Riau, meski partai Pohon Beringin tak mengusung Ketua Golkar Kabupaten Siak ini maju pada Pilkada Riau 2018.

"Dari berbagai hasil survey resmi yang ada, Bupati Siak Syamsuar adalah tokoh yang paling diterima oleh masyarakat Riau dengan persentase mencapai 84,2 persen dari sejumlah Bakal Calon Gubernur Riau lainnya. Dari sisi popularitas juga Bupati Syamsuar masih unggul dari Balon Gubri lainnya," kata Ketua IKPTM yang beranggotakan 800 KK ini.

Apalagi saat ini, masih kata Akiong, masyarakat menginginkan Calon Gubernur berkualitas secara personal diantaranya bisa dipercaya, satu dalam kata dan perbuatan, tidak pernah melakukan atau diopinikan pernah melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme ( KKN), tidak pernah atau diopinikan melakukan tindakan kriminal, diyakini mampu memimpin Provinsi Riau dan pemerintahan, dan terakhir, dipercaya mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan yang berbeda.

"Dan Bupati Syamsuar memenuhi semua kriteria itu. Harapan kita, dengan perahunya nanti maju di Pilkada Riau, Pak Syamsuar juga memilih wakil yang juga ada di hati masyarakat Riau. Kami juga yakin, masyarakat Riau akan menggantungkan harapannya kepada Pak Syamsuar untuk memimpin Riau 5 tahun ke depan," ucap Akiong. ***