HANOI - Atlet wushu andalan Indonesia, Edgar Xavier Marvelo belum menampilkan performa terbaik saat tampil di nomor Changquan putra cabang olahraga wushu SEA Games 2021 Vietnam. Akibatnya, peraih perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ini hanya mampu menempati peringkat ke-7.

Medali emas nomor tersebut diraih atlet Malaysia, Wei Clement Su dengan raihan 9,70 poin. Nilai tersebut sama seperti yang didapatkan wakil Singapura, Juwen Si Wei L yang meraih perak. Sedangkan medali perunggu direbut Serat Naro yang mendapat 9,69 poin.

Terkait penampilan Edgar yang tidak sempura tersebut, ibunya Edgar, Maria yang datang ke Vietnam bersama Michelle, pacar Edgar mengatakan hal itu belum rezeki Edgar mendapatkan medali emas. Dan, dia meminta Edgar untuk fokus menghadapi pertandingan selanjutnya.

"Saya hanya bilang kepada Edgar segera lupakan kegagalan kemarin. Itu bukan rezeki. Fokus terus dan kamu bisa berikan yang terbaik," kata Maria yang didampingi Michelle yang sengaja hadir untuk memberikan dukungan di Cau Giay Gymnasium, Ha Noi, Jumat (13/5/2022).

Apa yang diungkap Maria itu mengingatkan pada saat Edgar tampil di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Saat itu, Edgar mendapat kabar duka ayahnya yang meninggal dunia. Namun, dia bisa menahan kesedihan dengan menuntaskan tugasnya merebut dua medali emas bagi Kontingen Indonesia.

"Saya yakin Edgar mampu memberikan penampilan terbaik. Karena, saya paham persis Edgar do,ama dalam kondisi terberat saja bisa mengatasinya," jelas Maria.

"Ya, saya dan ibunya Edgar sengaja datang untuk memberikan dukungan kepada Edgar. Dan, kami selalu berdoa agar Edgar bisa menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia," timpal Michelle yang mengaku sudah 4 tahun menjalin hubungan dengan Edgar.

"Olahraga wushu itu sulit diprediksi. Tetapi, saya yakin Edgar yang sudah banyak pengalaman bertanding bisa tampil lebih baik lagi untuk menyumbangkan medali emas. Dan, saya juga meminta Edgar tetap fokus menghadapi pertandingan selanjutnya," kata Ketua Pengprov WI DKI Jakartta, Tjokro Gunawan. ***