BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menggelar upacara peringatan hari ulang tahun atau hari jadi Provinsi Riau ke-65, Selasa (9/8/2022) di halaman kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi. Upacara dihadiri Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto,  Kepala OPD, Ketua Ormas,Ketua OKP dan  undangan lainnya.

Dalam amanat Gubernur Riau H Syamsuar yang dibacakan Wabup Rohil H Sulaiman SS MH menyebutkan, sejarah panjang telah mengantarkan Provinsi Riau hingga saat ini 65 tahun. "Pada tanggal 9 Agustus, yang kita peringati hari ini sebagai cikal bakal berdirinya Provinsi Riau tidak terlepas dari tonggak sejarah diselenggarakannya kongres pemuda tanggal 17 Oktober 1954 lalu,'' ucap Sulaiman membacakan teks pidato amanat Gubri. 

GoRiau

''Kongres itu menghasilkan satu kesepakatan dan tekad untuk menjadikan Riau sebagai provinsi mandiri, berdiri di atas marwah dan kedaulatannya sendiri,'' sebut Wabup.

Saat itu, utusan masyarakat Riau menghadap menteri dalam negeri untuk menyampaikan hasrat mulia memberikan sesuatu yang terbaik bagi negeri Melayu menyampaikan kebulatan tekad membentuk Provinsi Riau.

Sejarah mencatat 9 Agustus 1957 Presiden Republik Indonesia Soekarno saat di Denpasar Bali menandatangani Undang-undang Darurat Nomor: 19 Tahun 1957 lalu diterbitkan Undang-Undang Nomor: 61 Tahun 1958.

"Tahun ini Presiden Republik Indonesia 25 Juli 2022 telah menandatangani Undang-undang Nomor: 19 tahun 2022 tentang Provinsi Riau dimana Undang-undang ini telah disesuaikan dengan perkembangan daerah,'' jelasnya.

Provinsi Riau saat ini menjadi salah satu pusat perekonomian di pulau Sumatera. Pesatnya pembangunan di Riau telah kita rasakan bersama, hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik sebesar 4,88 persen pada triwulan ll tahun 2022. Dan investasi Provinsi Riau meraih peringkat ke-5 nasional dengan nilai investasi tahun 2021 sebesar Rp53,02 triliun. Sedangkan di tahun 2022, ditargetkan sebesar Rp60,46 triliun. (advertorial)